Upacara Persemayaman dan Pemakaman Almarhum Peltu Mar Hudan Anggota Yon Arhanud-2 Surabaya di Kulon Progo


Upacara Persemayaman dan Pemakaman Almarhum Peltu Mar Hudan 
Anggota Yon Arhanud-2 Surabaya di Kulon Progo

Kulon Progo. Rabu (12/06/2019), pukul 15.40-17.00 WIB, bertempat di Dusun Kasihan 1, Desa Ngentakrejo, Lendah, Kulon Progo, dilaksanakan Upacara Pesemayaman dan Pemakaman Secara Militer Almarhum Peltu Mar Hudan, NRP. 82539, anggota Yon Arhanud-2 Mar, Menart-2 Mar, Pasmar 2 Surabaya, yang meninggal dunia pada hari Rabu, 12 Juni 2019, pukul 01.45 WIB, di Rumah Sakit Wiyung Surabaya, karena sakit. 

Upacara Persemayaman dilaksanakan di rumah duka, dengan Pejabat Upacara sebagai berikut : Inspektur Upacara Letkol Mar Kusno Eko Haryanto (Danyon Arhanud 2 Mar), Komandan Upacara Kapten Mar Firmansyah (Danrai A Batalyon Arhanud 2 Mar), Perwira Upacara Lettu Mar Ari Agus (Pasipers Batalyon Arhanud 2 Mar). Peserta upacara terdiri dari Regu Sangkakala Lanmar Surabaya, 1 SST bersenjata Personel Kodim 0731/Kulon Progo, 1 SST bersenjata Personel Menart 2 Marinir Surabaya dan 1 SST Personel Deputasi Lanal Yogyakarta. 

Upacara Pesemayaman diawali dengan penyerahan jenazah almarhum Peltu Mart Hudan dari perwakilan keluarga kepada Inspektur Upacara, untuk dilaksanakan pemakaman secara militer.

Irup dalam sambutannya mengatakan bahwa : atas nama Pimpinan TNI AL menyampaikan ikut berbela sungkawa yang sedalam-dalamnya, serta memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa, semoga keluarga yang ditinggalkan tetap teguh iman dan diberi kekuatan dalam menghadapi cobaan ini, selanjutnya marilah kita menghantarkan almarhum ke tempat peristirahatan yang terakhir.  

 Selesai Upacara Persemayaman, jenasah almarhum Peltu Mar Hudan diusung/diberangkatkan menuju TPU Kyai Mondoroko, Dusun Kasihan 1, Desa Ngentakrejo, Lendah, Kulon Progo, yang terletak dibelakang rumah duka, untuk dilaksanakan Upacara Pemakaman.

Pada Upacara Pemakaman, dibacakan Riwayat Hidup singkat almarhum, pembacaan Apel Persada dan penghormatan dengan tembakan salvo saat penurunan jenasah almarhum ke liang lahat.

Penimbunan liang lahat secara simbolis dilaksanakan oleh Irup, kemudian  dilanjutkan oleh perwakilan keluarga dan petugas makam, serta peletakkan karangan bunga oleh Irup.

Sambutan Irup pada Upacara Pemakaman antara lain : pada pada hari ini dalam suasana yang penuh duka, marilah kita bersama-sama mengantarkan kepergian almarhum Peltu Mar Hudan ke tempat peristirahatan yang terakhir, karena telah dipanggil kembali oleh Tuhan Yang Maha Esa.  Rasa duka cita saat ini adalah hal yang sangat wajar, karena ditinggalkan oleh orang yang kita kasihi, namun sebagai insan hamba Tuhan hendaknya kita tetap sabar tabah dan tawakal dalam menghadapinya.   Selama hidupnya almarhum selalu menunjukkan tutur kata dan budi pekerti yang baik, almarhum juga memiliki prestasi dan dedikasi yang baik, dalam pengabdian dan pengorbanan kepada bangsa dan negara. Untuk itulah saya mengajak hadirin, untuk bersama-sama mendo'akan semoga arwah almarhum diterima disisi Tuhan Yang Maha Esa, serta diampuni semua dosa-dosanya dan kita yang ada disini tetap mengenang jasa-jasa almarhum kepada bangsa dan negara. 

Selaku Inspektur Upacara dan atas nama negara dan bangsa, dengan ini saya menyampaikan ikut belasungkawa yang sedalam-dalamnya, serta memohon kepada Tuhan, semoga keluarga yang ditinggalkan tetap teguh iman dan diberikan kekuatan dalam menghadapi cobaan ini, tak lupa saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan baik moril maupun material, sehingga pelaksanaan pemakaman dapat terlaksana dengan lancar dan tertib.  Mudah-mudahan semua amal baik saudara-saudara sekalian mendapatkan balasan dari Tuhan Yang Maha Esa. 

Prosesi pemakaman diakhiri dengan do'a, dilanjutkan dengan penghormatan terakhir kepada almarhum Peltu Mar Hudan serta penyerahan Bendera Merah Putih oleh Irup kepada ahli waris, yang diterima oleh orangtua almarhum.

Upacara Persemayaman dan Pemakaman almarhum Peltu Mar Hudan berlangsung dengan tertib dan khidmat, selesai pukul 17.00 WIB dalam keadaan aman. (Pendim 0731/KP/litbangMPNI).

0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151