Banjir Melanda Beberapa Wilayah di Purbalingga, Warga Terpaksa Diungsikan


Banjir Melanda Beberapa Wilayah di Purbalingga, Warga Terpaksa Diungsikan

www.mediapadjajaran.com - PURBALINGGA-Akibat hujan yang turun di sebagian besar wilayah Kabupaten Purbalingga mengakibatkan banjir melanda sejumlah desa di wilayah Kecamatan Kemangkon,  Purbalingga, Kaligondang dan Karanganyar, Rabu (2/12/2020) malam hingga Kamis (3/12/2020) dini hari.


Akibat dari bencana ini ratusan warga terpaksa diungsikan ke tempat yang lebih aman. Banjir yang terjadi itu sendiri disebabkan karena meluapnya aliran  Sungai Klawing yang melintas di wilayah itu karena curah hujan yang cukup tinggi.


Mendapati laporan kejadian bencana ini, Kodim 0702/Purbalingga bersama BPBD, SAR Perwira, PMI bersama relawan dan unsur kebencanaan lainnya bergerak cepat mengevakuasi warga. Tim juga menyiapkan dapur umum di tempat pengungsian. 

Seperti disampaikan oleh Perwira Seksi Operasi Kodim 0702/Purbalingga yang turun langsung di lokasi saat kejadian bersama anggota menuturkan bahwa, wilayah yang terdampak paling parah yaitu diantaranya Desa Jetis yang meliputi Dusun II wilayah RW 03 di RT 06, RT 07 dan RT 08, wilayah Desa Toyareja, Desa Gambarsari dan Desa Kedungbenda.


“Warga dari Desa Toyareja dan Jetis mengungsi di SDN Jetis sekitar 141 orang dan  sisanya sekitar 100 orang di Masjid El-Suchary," tuturnya. Selain Anggota Kodim 0702/Purbalingga, Dinas Kesehatan juga sudah menugaskan Tim PSC ke wilayah Kemangkon dengan menyiapkan kebutuhan obat dan logistik.

BPBD Kabupaten Purbalingga selain menerjunkan personel beserta alat evakuasi, juga meminta bantuan kepada BPBD Banjarnegara dan Cilacap dalam hal bantuan perahu karet (LCR) guna melaksanakan evakuasi warga yang terdampak banjir.


"Tim dari BPBD Banjarnegara turut  diberangkatkan ke Kabupaten Purbalingga untuk membantu penanganan banjir," ungkap Kepala Pelaksana BPBD Banjarnegara Aris Sudaryanto melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Budi Wahyono, (3/12/2020). Pjs Bupati Purbalingga saat meninjau langsung proses evakuasi warga terdampak banjir di SDN 1 Jetis juga menuturkan agar dalam proses evakuasi maupun saat di pengungsian protokol kesehatan agar tetap dilaksanakan.

"Waspadai muncul klaster baru Covid-19, kepada TNI, Polri, SAR maupun relawan agar tetap melaksanakan protokol kesehatan, begitu juga dengan pengungsi agar tetap melaksankan 3M. PMI segera bagikan masker bagi yang belum memakai masker," tegasnya.

(Pendimpurbalingga/litbangMPNI)


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151