Rupanya Indonesia melalui LAPAN juga mengembangkan Roket Peluncur Satelit yakni RX-750 yang merupakan Roket peluncur satelit seri lanjutan dari RX-420 yang telah sukses diluncurkan dari kawasan timur Indonesia.


Rupanya Indonesia melalui LAPAN juga mengembangkan Roket Peluncur Satelit yakni RX-750 yang merupakan Roket peluncur satelit seri lanjutan dari RX-420 yang telah sukses diluncurkan dari kawasan timur Indonesia. 

Seri-seri ini akan dikembangkan menjadi dua bagian yakni Roket Peluncur Satelit (RX Series) dan Rudal Pertahanan (R-Han)

Para petinggi TNI telah mengkaji kedua prototype yang digunakan sebagai Rudal Pertahanan, karena masing-masing ada kekurangan dan kelebihanya. Untuk mengantisipasi ancaman dari utara lebih efektif pakai R-Han pengembangan dari RX-550 tetapi untuk selatan akan kesulitan mobile nya. 

Oleh sebab itu untuk selatan lebih cocok memakai R-Han pengembangan dari RX-750 yang memiliki berat 0,5 Ton walaupun dari segi biaya  3X lipat dari RX-550.  

Roket RX-750 yang mempunyai jangkauan 1000 km RX 750 yang memiliki diameter roket 75 cm, diluncurkan akhir tahun 2010 silam. RX-750 ini ternyata sudah bisa terwujud dan  memasanginya dengan sistem kendali, jarak jelajahnya sehingga menjadi Rudal Pertahanan Jarak Jauh (R-Han) yang memiliki jarak jangkau 1000 km sudah masuk kategori rudal balistik, 

RX-750 diarahkan jadi R-Han dipasangi seeker dan guidance system, sementara teknologi seeker dan guidance hasil ToT dari negara dibelahan bumi utara, dan nantinya jika ada rilis resmi  test RX-750 jangan harap yg muncul versi upgrade karena yg versi upgrade tidak akan di test di depan publik. 

Takutnya nanti  ada "paman " yang sewot, karena kita beli teknologi seeker dan guidance nya dari "paman lain". Tujuan utama ekspedisi morotai adalah agar NKRI mampu membuat ICBM (jangkauan >1000km).

Jangkauan 1000 km dirasa masih kurang, oleh sebab itu sejak 2011 telah diadakan beberapa pengujian yang menghasilkan prototype yang lebih baik. Baik yang diujicobakan di Jawa maupun di Morotai dan Biak mengindikasikan kemajuan yang pesat 

Semoga Rudal Pertahanan Indonesia ini mampu mengcover seluruh ancaman dari luar terutama dari agresor-agresor barat dan kelompok2nya(AG/litbangMPNI)

0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151