Peringati Hari Penanaman Pohon 2020 : AMPHIBI Canangkan Management Pohon & Peduli Sungai 2021


Peringati Hari Penanaman Pohon 2020 : AMPHIBI Canangkan Management Pohon & Peduli Sungai 2021.

www.mediapadjajaran.com Deli Serdang, Dalam rangka memperingati Hari Besar Lingkungan Hidup 21 November Hari Menanam Pohon Internasional,  28 November Hari Menanam Pohon Nasional, 10 Januari Hari Pencanangan 1 Juta Pohon, Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup & B3 Indonesia AMPHIBI bersama Yayasan Sosial BKS, Ikatan Paranormal Indonesia Sumatera IPIS, Satria Kita Pancasila SKP Sumatera Utara, Ikatan Pemuda Karya IPK Medan Marelan, Tekab Ojek Online Sumatera Utara, Yayasan Sosial BKS Sumatera Utara dan KPPL Marendal 2 Patumbak lakukan penanaman pohon secara simbolis di lahan yang akan dijadikan lokasi Aksi Besar Penanaman Pohon secara massal pada 

"Sabtu (28/11/2020) Sebelumnya lembaga Amphibi pada bulan nopember lalu telah membumingkan program penanaman 1 orang menanam 1 pohon "One Tree One People Amphibi 2019-2020.

Pada kesempatan memperingati hari penanaman pohon dibulan nopember 2020, lembaga Amphibi telah mempersiapkan Program Management Pohon yang akan bekerjasama dengan Bpdashl dan Program Peduli Sungai bekerjasama dengan Bws Sumatera II untuk periode 2020-2021.

Sebagai uji coba, dilokasi lahan seluas 4,5 hektar yang dikelilingi sungai rencananya akan ditata dan dijadikan hutan masyarakat sebagai kawasan percontohan edukasi lingkungan hidup dan ekowisata, destinasi wisata air oleh lembaga AMPHIBI Sumatera Utara.


Penanaman pohon secara simbolis di desa sidodadi sei. rotan batang kuis kab. deli serdang sumut dimulai dari ketua Amphibi Sumut M.Nur Nainggolan SS, MA dan dilanjutkan oleh ketua SKP Sumut Yohan Alfaris,  ketua umum IPIS Suprayitno, ketua Tekab Ojol Sumut Uwo Bily,  ketua Amphibi Sungai Deli Zulkarnain,  ketua Kppl Medan Marelan dan ketua Kppl M2 Patumbak Sumardi,  ketua Yasos Bks Sumut Budy Rahayu beserta Srikandi Amphibi Sungai Deli dan ketua IPK Medan Marelan. 

Adapun pohon yang ditanam berupa pohon buah/produktif dari Bpdashl Wampu Sei.Ular diantaranya durian, sirsak, rambutan, petai, jengkol.

M.Nur Nainggolan SS, MA menyampaikan bahwa aksi besar penanaman pohon secara gabungan organisasi akan melibatkan kerjasama dengan Balai Wilayah Sungai BWS Sumatera II dan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Hutan Lindung BPDASHL Wampu Sei.Ular serta merangkul para pelaku usaha/coorporate untuk ikut ambil andil dalam aksi tersebut. 

Dirinya juga menyatakan bahwa coorporrate yang telah menjalin kerjasama sosial dengan Amphibi akan kita arahkan untuk turut serta. 

Salah satunya Pt.Musim Mas Grup. Semoga para pelaku usaha/coorporate lainnya akan ikut serta dalam program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan TJSL  atau yang dikenal dengan Coorporate Social Responsibility CSR, "jelas M.Nur.


Lanjut "M.Nur, Karena ini adalah aksi penanaman pohon besar-besaran, maka kami mengajak berbagai kelompok  organisasi dan membentuk susunan panitia pelaksana aksi yang diketuai Suprayitno ketua IPIS  dengan sekretaris Yohan Alfaris ketua SKP dan bendahara Uwo Bily ketua Tekab Ojol. 


Rencana aksi ini akan dilakukan pada 17 desember 2020 dengan menghadirkan Gubernur Sumatera Utara dan Bupati Deli Serdang, "paparnya. Tampak dalam penanaman simbolis tersebut ketua umum AMPHIBI Agus Salim Tanjung So, Si. Saat ditanya pohon yang ditanam, dia menjawab "ini pohon eucalyptus. Bibit pohon Eucalytus ini dari PT. Toba Pulp Lestari Tbk PT.TPL.

Kami sudah mengajukan 10.000 pohon yang akan ditanam dilokasi ini. Rencananya minggu pertama di bulan desember bibit pohon eucalyptus akan dikirim dari Porsea kelokasi ini dan kanwil Amphibi, "jelas AS.Tanjung.

Dalam kesempatan acara penanaman seremonial tersebut,  Agus Salim Tanjung So, Si didampingi ketua Amphibi Sumut M.Nur Nainggolan menyempatkan diri membagikan hand sanitazer eucalyptus dan memaparkan manfaat pohon eucalyptus.

Salah satunya mampu membunuh virus corona. Daunnya disuling bisa dijadikan oil atau hand sanitazer.Sementara batang pokok nya bisa dijadikan bahan baku pulp/ kertas dan dijual ke PT.Tpl.

Tentunya nanti bisa sebagai penghasilan tambahan terhadap masyarakat setempat, "papar nya. 

Semoga PT. TPL bisa ikut serta turun kelokasi ini untuk ikut serta dalam pendistribusian Tjsl/Csr nya secara langsung,  "tutup AS.Tanjung.

(red.litbangMPNI)


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151