Banjir Rendam Rumah Warga, Koramil 0824/20 Gumukmas Bersama BPBD Turun Ke Lapangan

 

Banjir Rendam Rumah Warga, Koramil 0824/20 Gumukmas Bersama BPBD Turun Ke Lapangan

www.mediapadjajaran.com - JEMBER - Cuaca hujan terus menerus yang terjadi beberapa hari ini di Kabupaten Jember, mengakibatkan terjadinya peningkatan debit air dialiran sungai, hal inilah yang terjadi di Desa Menampu dan Desa Karangrejo Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember, banjir akibat luapan sungai merendam rumah warga dan lahan persawahan.

Pada Rabu 13/12/2020 Personel Koramil 0824/20 Gumukmas bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember  melakukan pengecekan turun kelapangan.


Di Desa Menampu tepatnya di Dusun Kapitan terdapat 8 unit rumah warga terendam air,  di Dusun Kedunglengkong 7 rumah terendam air, jalan raya yang menghubungkan Kecamatan  Gumukmas dan Kecamatan Puger terendam air, ketinghian air 20-40 Cm.

Desa Karangrejo 10 ha sawah terendam air, sekitar 1000 rumah warga terendam air setinggi 60-100 cm, namun warga yang rumahnya terendam enggan mengungsi masih bertahan dirumahnya masing-masing.

Menurut Danramil 0824/20 Gumukmas Kapten Inf Abd Muntholib, "kejadian tersebut diakibatkan adanya curah hujan yang turun terus menerus, sehingga aliran sungai tidak mampu menampung air dan meluap".


"Hal ini memang selalu terjadi setiap musim penghujan, sehingga warga tidak terlalu panik, namun kita tetap melakukan pendataan dan merencanakan Karya Bakti TNI, namun masih belum bisa menentukan waktunya, karena hingga saat ini masih turun hujan". "Kemudian sarana evakuasi dan pengungsian sudah mulai kita persiapkan bersama BPBD Jember, ungkap Danramil 0824/20 Gumukmas".


Menyikapi hal tersebut Dandim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin saat kami konfirmasi menyatakan, "bahwa kejadian banjir musiman tersebut rawan terjadi dibeberapa tempat diantaranya di Kecamatan Bangsalsari, Kecamatan Tanggul, Kecamatan Kencong, Kecamatan Gumukmas Wuluhan, Puger dan lain-lain".

"Dengan cuaca ekstrem akhir-akhir ini beberapa kecamatan tersebut sudah mulai terdampak, namun jajaran sudah mewaspadai hal tersebut,   kita sedang berkoordinasi dengan semua pihak untuk melakukan langkah-langkah, dan yang utama secepatnya kita rencanakan karya bakti TNI dengan sasaran membersihkan kotoran pasca banjir, saat cuaca sudah membaik". Tegas Dandim 0824/Jember. (SiswandiMPNI)


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151