Komandan Brigif 2 Marinir Ikuti Pembukaan Geladi Posko LSL II Aspek Laut Secara Virtual

 

Komandan Brigif 2 Marinir Ikuti
Pembukaan Geladi Posko LSL II Aspek Laut Secara Virtual

www.mediapadjajaran.com - Dispen Kormar (Sidoarjo). Komandan Brigif 2 Marinir Kolonel Marinir Rudi Harto Marpaung dan Pasops Brigif 2 Marinir Letkol Mar Supriyadi mengikuti acara pembukaan Geladi Posko Latihan Satuan Lanjutan (LSL) II Aspek Laut TA.2021 Pasmar 2 Secara Virtual di Mako Brigif 2 Marinir Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur. Selasa (31/08/2021).


Geladi Posko Latihan Satuan Lanjutan (LSL) II Aspek Laut Ta.2021 Pasmar 2 tersebut dibuka oleh Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, M.M., Secara Virtual, di ruang rapat Mako Pasmar 2, Kesatrian Marinir Moekijat Gedangan, Sidoarjo.


Sebelum membuka Geladi Posko LSL II Aspek Laut TA.2021 Pasmar 2, terlebih dahulu Komandan Pasmar 2 sebagai Direktur Latihat (Dirlat) mendengarkan laporan kesiapan dari Asops Danpasmar 2 Kolonel Marinir Bakti Dasasasi Penanggungan sebagai De Oyu, kegiatan tersebut juga dihadiri Wadan Pasmar 2 Kolonel Marinir Purwanto Djoko Prasetyo sebagai Wadirlat dan para Asisten Danpasmar 2 serta para Dankolak/Satlak dijajaran Pasmar 2 secara Virtual di Satuan masing-masing.


Dalam sambutannya Komandan Pasmar 2 mengatakan, dihadapkan dengan perkembangan lingkungan strategis dan era globalisasi yang sangat cepat dan dinamis serta adanya perubahan strategi dan taktik militer di mana dimensi perang saat ini tidak terbatas hanya pada wilayah Trimatra, namun juga telah meluas pada panca matra yaitu Darat, Laut, Udara, Aeorospace dan Cyberspace.


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya Artificial Intelligence, Autonomous Vehicles & Internet Of Thing, lanjutnya, mendorong kemajuan teknologi persenjataan serta perubahan taktik dan strategi militer. Konsep perang konvensional telah berevolusi dan beradaptasi menjadi perang Hibrida/Irregular Warfare. Hal ini harus direspon dengan peningkatan profesionalisme prajurit sesuai fungsi jabatannya yang didukung peningkatan pengetahuan dan modernisasi alutsista yang dimiliki Korps Marinir.

Lebih lanjut, dikatakan bahwa tantangan dan tuntutan faktual tersebut menjadi perhatian bersama. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan kemampuan bagi seluruh prajurit Korps Marinir untuk menjadi prajurit yang Ekspedisioner dan Multirole, sehingga mampu untuk melaksanakan tugas yang dihadapi.


Disampaikan juga bahwa dengan diselenggarakannya Latihan Satuan Lanjutan II Aspek Laut TA. 2021 Pasmar 2, diharapkan akan mampu menjawab tantangan tugas tersebut melalui peningkatan profesionalisme prajurit Korps Marinir sebagai pasukan pendarat khususnya pada Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) dalam penyusunan rencana pasukan pendarat, teknik dan taktis pasukan pendarat serta kerjasama antar kesenjataan pada saat perebutan tumpuan pantai dalam operasi Amfibi guna memberikan dukungan kesiapsiagaan operasional Satuan yang lebih besar terhadap segala ancaman dan gangguan bagi keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

“Manfaatkan kesempatan latihan ini dengan sebaik-baiknya sekaligus untuk me-refresh kembali pengetahuan dan kemampuan baik secara taktis dan teknis untuk mempertahankan jati diri Korps Marinir sebagai pasukan pendarat Amfibi”, pungkas Danpasmar 2.(litbangMPNI)

Sumber Berita Dispen Kormar


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151