Kasad Buka Program Pencanangan “TNI AD Manunggal Air Bersih” di Kulon Progo

 

Kasad Buka Program Pencanangan “TNI AD Manunggal Air Bersih” di Kulon Progo

www.mediapadjajaran.com - Kulon Progo.  Komandan Korem 072/Pamungkas Brigjen TNI Afianto didampingi Wabup Kulon Progo Fajar Gegana, Dandim 0731/Klp Letkol Inf Nurwaliyanto, Kapolres AKBP Muharomah Fajarini, SH.,S.I.K., anggota DPRD Pancar Poncodriyo, Kordinator Tim Hidram Makostrad Kapten Cpl Asep Juwandi, mengikuti teleconference dengan Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E, M.M., dalam rangka pencanangan “TNI AD Manunggal Air Bersih", di Pedukuhan Kutogiri, Kalurahan Sidomulyo, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo. Kamis (24/03/22),

Hadir pula Panewu Pengasih Triyanto Raharjo, S.Sos, M.Si., seluruh Pasi dan Danramil Kodim 0731/Kulon Progo, Lurah Sidomulyo Suparyanto beserta Pamong dan warga masyarakat Kalurahan Sidomulyo.


Kasad menyampaikan, sekitar 90% masyarakat Indonesia sudah memiliki air bersih, artinya 27 juta masyarakat belum terdukung air bersih, namun bukan berarti kita kekurangan air tetapi distribusi air bersih yang belum merata. Pembuatan Pompa Hidram di NTT, mendapatkan apresiasi yang positif dari Presiden, tentunya program ini juga berkoordinasi dengan Kementrian PUPR.


Sesuai Santiaji TNI yakni TNI harus hadir di tengah masyarakat, membantu dan mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya, sehingga kita berusaha membantu secara maksimal pengadaan air bersih dan tentunya membantu program pemerintah lainnya seperti membantu percepatan vaksinasi dan membantu pencegahan penularan Covid-19.


Program “TNI AD Manunggal Air Bersih” sebanyak 227 sumur bor, 170 titik di NTB,  27 titik di NTT, 23 titik di Bali, 19 titik ada di Jawa, Madura, Sulawesi, untuk 5713 KK atau 16 ribu jiwa dengan cakupan luas 67 hektar.  Mari kita berdoa bersama semoga program ini berjalan dengan lancar, agar dapat membantu masyarakat Indonesia untuk mendapatkan air bersih.  


Pada hari ini Kamis tanggal 24 Maret 2022 pukul 08.00 WIB "Program Pencanangan TNI AD Manunggal Air Bersih" kami nyatakan dibuka. Danrem 072/Pmk melaporkan bahwa pembuatan Pompa Hidram di Korem 072/Pmk yang berada di wilayah Kodim 0731/Kulon Progo tepatnya di Pedukuhan Kutogiri Kalurahan Sidomulyo, Kapanewon  Pengasih, sudah berjalan hampir 85%.


Kami bersama Forkopimda Kulon Progo, bahu membahu untuk mensukseskan program ini, masyarakat sekitar juga sangat antusias membantu membuat penampungan air bersih ini. Lurah Sidomulyo Suparyanto mewakili warga mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan dari TNI AD terutama Bapak Kasad yang sudah membantu warga kami untuk pengadaan air bersih. 


Pada saat musim kemarau desa kami sangat kekurangan dan kesulitan air bersih. Untuk mendapatkan air bersih warga Sidomulyo menggunakan peralon sekitar 8 KM sekarang dengan adanya bantuan dari Kasad untuk bisa mendapatkan air bersih kita hanya menggunakan sekitar 2 km peralon. Pembuatan Pompa Hidram di Kalurahan Sidomulyo Pengasih nantinya akan dapat mendistribusikan air bersih kepada 60 KK sebanyak 240 jiwa.

Pada kesempatan ini Danrem 072/Pmk beserta seluruh pejabat yang hadir melihat secara langsung proses pembuatan Pompa Hidram tersebut. (Pendim 0731/Litbang MPNI).


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151