PERSIAPAN MENJELANG KOPASSUS 1ST NATIONAL INDOOR SKYDIVING CHAMPIONSHIP 2022, DALAM RANGKA HUT KOPASSUS KE-70

 


PERSIAPAN MENJELANG KOPASSUS 1ST NATIONAL INDOOR SKYDIVING CHAMPIONSHIP 2022, DALAM RANGKA HUT KOPASSUS KE-70

www.mediapadjajaran.com - Dalam rangka memeriahkan HUT Kopassus ke-70, Pusdiklatpassus Kopassus bekerjasama dengan Komite Terjun Payung FASI tengah merencanakan persiapan the 1st National Indoor Skydiving Championship 2022 yang akan dilaksanakan pada tanggal 19-21 Mei 2022 di Kopassus Indoor Skydiving Center, Batujajar. Nomor yang dilombakan adalah 4-Way Formation Skydiving dan 2-Way Formation Skydiving.

Kenapa Lomba Formation Skydiving (FS) ini begitu penting" Kejuaraan FS mempunyai arti tersendiri bagi militer terutama pasukan khusus di dunia. Pada Oktober 2015, Tim USA Paracutist berhasil mencetak rekor dunia dan mengungguli Cina pada CISM Military World Games dengan membentuk 35 formasi dalam 35 detik. Indonesia juga tidak kalah unggul. Pada jenis yang berbeda (indoor), yaitu kejuaraan Asiania Indoor Skydiving 2018 (pertama di Asia), Tim Kopassus dari Persatuan Terjun Payung Angkatan Darat (PTPAD) Mabes TNI yang mewakili Indonesia juga berhasil meraih juara 3 dari 19 negara yang berkompetisi. Kopassus juga berhasil mendominasi kejuaraan-kejuaraan terjun payung nomor Formation Skydiving di skala nasional dan internasional lainnya.


Keberhasil tersebut tidak terlepas dari adanya keberadaan Wind Tunnel di Pusdiklatpassus. Sejak 16 April 2016, Pusdiklatpassus telah memiliki Kopassus Indoor Skydiving Center berdiameter 4.2 m (14 ft) dengan ketinggian 10 meter. Indoor skydiving ini menggunakan dual closed loop wall to wall. Hembusan anginnya berasal dari fan drive yang terdiri dari 4 motor dengan delapan baling-baling. Sarana ini telah berhasil secera efektif dan efisien dalam melahirkan para peterjun free fall dasar, lanjutan serta apikasi dalam teknik HALO (High Altitude Low Opening) and HAHO (High Altitude High Opening). Info Mayor Inf Alzaki, M.B.A., M.M.A.S (Komandan Sekolah Para Pusdiklatpassus/Dansepara).  

Berdasarkan pertimbangan tersebut, Mayor Inf Alzaki, M.B.A., M.M.A.S melaporkan kepada Komandan Pusdiklatpassus Brigjen TNI Thevi A. Zebua, S.E., M.M. bahwa HUT Kopassus ke-70 merupakan salah satu momen yang tepat untuk melaksanakan perlombaan indoor skydiving yang pertama di Indonesia. Disamping itu, momen ini juga bertujuan untuk mensosialisasikan wind tunnel di Indonesia, serta mencari bibit-bibit peterjun yang selanjutnya siap untuk berlaga di event nasional maupun internasional. Ide ini tidak terlepas dari peran Dansepara sebelumnya, Letkol Inf Bonny Berdian yang saat ini menjadi Dandim di Kota Baru. Kami tunggu kehadiran beliau beserta atlet-atlet dari Kalimantan, serta altet nasional lainnya di Indonesia, harap Mayor Alzaki.

Siapa saja pesertanya? Peserta kami bagi menjadi 2 kelompok besar yaitu Advance dan Basic-Intermediate. Kelompok Advance yaitu Tim Peserta PON Papua 2021 dan sederajat. Sementara kelompok Basic-Intermediate tidak ada batasan khusus. 

Peserta dapat dari berbagai kalangan baik TNI, Polri dan Club Sipil. Mengacu pada tujuan, yaitu memeriahkan HUT Kopassus, mensosialisasikan dan mencari bibit-bibit atlet; maka, kami berharap pesertanya dapat sebanyak mungkin dalam alokasi waktu 3 hari lomba. Siapa saja boleh bargabung asalkan memenuhi syarat dan kriteria kesehatan. Semua yang mahir dan ahli pasti diawali dari sesuatu yang tidak bisa, jadi jangan ragu untuk bergabung dan berlatih bersama. "Kami juga bukan hebat, kami hanya terlatih".   

Pada hari Rabu, 3 April 2022, Mayor Inf Alzaki selaku koordinator umum telah melaksanakan paparan kesiapan kepada Wadanpusdiklatpassus Kolonel Inf Agus Bhakti, S.I.P., M.I.P. yang ditunjuk selaku Ketua Panitia Penyelenggaraan. Titik krusial dalam penyelenggaraan perlombaan ini adalah masalah waktu, karena cukup padatnya kegiatan di Pusdiklatpassus Kopassus serta momen penyelenggaraan yang dilaksanakan sekitar 17 hari setelah lebaran Idul Fitri.

Semoga momen ini dapat menjadi ajang silaturahmi bagi para pecinta dunia terjun nasional, mensosialisasikan indoor wind tunnel, mendapatkan bibit-bibit sang juara baru, serta meningkatan prestasi para atlet terjun payung di Indonesia. Bravo Indonesia...!!!  

Hasil wawancara dengan Koodinator Umum Lomba (Mayor Inf Alzaki, M.M., M.B.A., M.M.A.S, Komandan Sekolah Para).((LitbangMPNI)


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151