PRAJURIT MARINIR TNI AL PATROLI PATOK PERBATASAN INDONESIA - MALAYSIA DI PULAU SEBATIK

 

PRAJURIT MARINIR TNI AL PATROLI PATOK PERBATASAN INDONESIA - MALAYSIA DI PULAU SEBATIK

www.mediapadjajaran.com - Dispen Kormar (Nunukan). Dalam rangka menjalankan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono tentang menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi masyarakat bangsa dan negara, prajurit Pasmar 2 Korps Marinir TNI AL yang tergabung dalam Satgasmar Ambalat XXVIII melaksanakan patroli patok perbatasan Indonesia-Malaysia di pulau Sebatik, Nunukan, Kalimantan Utara. Selasa (05/07/2022).

Patroli patok perbatasan yang dilakukan Tim Alfa Pos Kotis Satgas Marinir Ambalat XXVIII tersebut dipimpin oleh Sertu Marinir Bagus Abditosa Putra.


Kegiatan diawali dari daerah persiapan di Pos Kotis dengan melaksanakan penyiapan kelengkapan yang harus dibawa dan briefing terkait mekanisme selama pelaksanaan patroli. Setelah semuanya siap, mereka bergerak menuju lokasi perbatasan mulai dari titik koordinat 9990-6060 yang dikenal sebagai Patok Timur berada di perairan rawa sisi paling Timur pulau Sebatik ditandai berdirinya bendera dari dua negara. 


Setibanya dilokasi, Tim Alfa memastikan bahwa patok permanen yang terbuat dari semen cor tersebut tidak bergeser dari tempat yang seharusnya dan juga kondisi patok masih utuh. Setelah semuanya aman, Tim Alfa melaporkan ke satuan atas lalu melanjutkan tugasnya berpatroli taktis di darat menelusuri garis hayal perbatasan menuju Patok 1 pada koordinat 9853-6062 kemudian Patok 2 koordinat 9704-6059, setibanya di lokasi mereka melakukan hal yang sama seperti pada Patok Timur.


Setelah tidak ditemukan keganjalan ataupun perubahan bentuk dan tempat pada Patok Timur, Patok 1 dan Patok 2, Tim Alfa melaksanakan konsolidasi memastikan kelengkapan personil dan material, dilanjutkan bergerak taktis kembali ke Pos Kotis.


Komandan Satgas Ambalat XXVIII Kapten Marinir Andreas Parsaulian Manalu, ST.Han menyampaikan ucapan terima kasih atas pelaksanaan tugas yang dilakukan Tim Alfa Pos Kotis dengan penuh semangat, loyalitas dan dedikasi yang tinggi sehingga kegiatan patroli dapat terlaksana dengan baik, selamat, aman dan lancar serta sesuai dengan apa yang diharapkan.


“Patroli patok perbatasan Indonesia-Malaysia merupakan salah satu tugas pokok Satgas Marinir Ambalat selama berada di daerah operasi pulau Sebatik, sehingga patroli ini akan dilanjutkan berurutan menyusuri patok di sepanjang perbatasan hingga Patok Barat secara konsisten demi terjaganya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana di atur dalam Peraturan Menteri Pertahanan Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2014 tentang Kebijakan Pengamanan Wilayah Perbatasan,” pungkasnya.(Litbang MPNI)


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151