Jadi Irup Babinsa Pagak Sampaikan Pancasila Sebagai Dasar Negara

Jadi Irup Babinsa Pagak Sampaikan Pancasila Sebagai Dasar Negara

MPNI - Kodim Sragen - Jadi Irup Babinsa Pagak Sampaikan Pancasila Sebagai Dasar Negara

Serda Slamet Subandi Babinsa Desa pagak Koramil 17/sumberlawang beserta Koptu widodo melaksanakan kegiatan upacara bendera di SD N 1 Pagak dan sekaligus menjadi pembina upacara, Senin ( 04/11/19 ).
Hadir dalam kegiatan Heri sutrisno ( Plt Kepala Sekolah  SD N 1 Pagak ), Serda Slamet Subandi( Babinsa Desa pagak koramil 17/sumberlawang ), Koptu Widodo ( Babinsa Koramil 17/Sumberlawang ), Bp/ Ibu Guru SD N 1 pagak, Siswa Siswi Kelas 1 s/d kelas 6 SD N 1 pagak, yang berjumlah 120 siswa.

Dalam amanatnya Irup menyampaikan bahwa Pancasila sebagai dasar negara artinya ideologi Pancasila menjadi landasan, panduan dan pedoman resmi kehidupan berbangsa dan bernegara. Indonesia, sejak pertama kali didirikan telah menetapkan Pancasila sebagai dasar negara sekaligus ideologi negara. Kita, rakyat Indonesia sudah selayaknya menempatkan Pancasila di posisi yang luhur dan mulia, namun bukan berarti menuhankannya.

Sebagai dasar negara,pancasila memiliki peran strategis sebagai pondasi dasar sebuah negara.Pancasila memiliki makna sebagai pedoman dasar untuk mengatur penyelenggaraan ketatanegaraan yang meliputi bidang ideologi,p ekonomi,sosial budaya,serta pertahanan dan ke amanan. Pancasila,dalam fungsinya sebagai dasar negara merupakan sumber kaidah  hukum yang mengatur negara republik indonesia,termasuk di dalamnya seluruh unsur-unsurnya yakni pemerintahan,w dan rakyat.

“ Di dalam pancasila terdapat cita-cita bangsa untuk membuat bangsa ini lebih jadi baik dalam menjalankan negara ini dengan tujuan dan ide yang sesuai dengan dinamika bangsa indonesia.Pancasila sebagai dasar negara tak hendak menghapuskan perbedaan,tetapi merangkum semuanya dalam satu semboyan Bhinneka Tunggal Ika" ujarnya.

Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa indonesia merupakan sesuatu yang bernilai.Pancasila sebagai pandangan hidu berisi konsep kehidupan yang di cita-citakan oleh bangsa indonesia,sekaligus mengandung pemikiran ataupun gagasan yang mendasar mengenai tatanan kehidupan, sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Selain itu pancasila digunakan sebagai petunjuk arah untuk melaksanakan kegiatan dalam segala bidang kehidupan.(litbangMPNI)

0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151