DANBRIGIF 4 MAR /BS MELAKSANAKAN PENABURAN BENIH LELE, KETAHANAN PANGAN DAN PERESMIAN BLACKBEAR MART DI YONIF 9 MAR

*DANBRIGIF 4 MAR /BS MELAKSANAKAN PENABURAN BENIH LELE,  KETAHANAN PANGAN DAN PERESMIAN BLACKBEAR MART DI YONIF 9 MAR*

Yonif 9 Mar/Beruang Hitam adalah salah satu Satlak di jajaran Brigif 4 Mar/BS, melaksanakan penaburan benih ikan dan ketahanan Pangan dengan memanfaatkan Lahan yg ada di sekitaran Mako Yonif 9 Mar, Batu Menyan, kec.Teluk Pandan kab.Pesawaran Lampung ,Senin ( 13/04/2020 )

Acara di mulai dengan pelepasan benih ikan lele sebanyak 10.000 dan  nila 3.000 yang di tebar di kolam dengan luas 1/4 Ha yang dilanjutkan dengan penanaman bibit pohon durian Musangking sebanyak 150 batang oleh Komandan Brigade Infanteri 4 Mar/BS Kolonel Marinir Nawawi, S.E.,M.M diatas lahan seluas 2,5 sd 3 Ha  dengan di ikuti Wadanbrigif 4 Mar/BS Letkol Marinir Abidin M. Tr. Hanla, seluruh Perwira Staf di Jajaran Brigif 4 Mar/BS ,Dankima Brigif  4 Mar/BS para perwira serta Ibu Ketua Ranting C Cabang 7 Ny Rotua Elisabeth Munthe beserta pengurus ranting C Cabang 7 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir.

Pada kesempatan tsb. Danbrigif 4 Mar/BS sekaligus Meresmikan Black Bear Mart Yonif 9 Mar yg diawali dengan pemotongan pita oleh ibu ketua Ranting C dan penekanan tombol sirine secara simbolis oleh Danbrigif 4 Mar/BS di dampingi Danyonif 9 Mar/ Beruang Hitam.
*Black Bear Mart Bertujuan menyajikan bahan -bahan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau tentunya untuk keluarga Besar Prajurit Beruang Hitam dan juga di buka untuk masyarakat disekitar.*

Danbrigif 4 Mar/BS  menyampaikan rasa bangganya dengan program yg dilakukan oleh Danyonif 9 Mar/Beruang Hitam  beserta jajaran, semoga dengan di bukanya Black Bear Mart bisa menjadi *Barokah* yg dapat di manfaatkan oleh prajurit maupun keluarga serta masyarakat sekitar untuk mencukupi bahan pangan dengan harga terjangkau.

Selama kegiatan tsb.acara berjalan dengan aman dan lancar dengan tidak mengesampingkan *Phsycal Disatancing dan social Distancing*

Dihadapan Danbrigif  4 Mar/BS Danyonif 9 Mar/Beruang Hitam Letkol Marinir James Munthe M. Tr(Hanla)., M.M. menyampaikan bahwa *Program ini sudah lama di rencanakan sebelum intruksi Komando atas (Kormar) untuk memanfaatkan lahan sekitar Kesatuan agar  diberdayakan* .
Dengan total keseluruhan luas 4 sd 5 Ha di tambah luas lahan dari inkopal 3 Ha yang di tanamai padi oleh kelompok Tani Binaan Yonif 9 Marinir dengan perolehan panen pertama sebanyak 3,5 Ton yang kemudian di kemas dan dipasarkan di *Black Bear Mart* dengan nama Beras Super Beruang Hitam.

Pemanfaatan lahan dgn tumpang sari sebagai ketahanan pangan untuk di kelola sebagai sarana dan wadah untuk bercocok tanam terutama bahan makanan pokok sebagai ketahanan pangan seperti; singkong 1,5 Ha,cabe dan Sayur Mayur 1 Ha dan jagung jenis Bisi'99 1,5 Ha, dari dinas ketahanan pangan Provinsi
Lampung, serta tanaman Holtikultura lainnya, dan penanaman beberapa jenis Tanaman Ketahanan pangan, diperkirakan *akan siap di panen raya dalam kurun waktu 2 atau 3 bulan kedepan*,Di lain sisi kegiatan ini untuk menjaga kestabilan pangan di tengah maraknya wabah virus Corona atau Covid - 19, Demikian disampaikan oleh Danyonif 9 Marinir/Beruang Hitam.(litbangMPNI)

0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151