Agar Siap Tugas, Kodim 1612/Manggarai Melaksanakan Pemeriksaan Tensi Darah

Agar Siap Tugas, Kodim 1612/Manggarai Melaksanakan Pemeriksaan Tensi Darah

www.mediapadjajaran.com - Dalam melaksanakan tugas sehari-hari dan untuk mencapai hasil yang maksimal syarat yang wajib di miliki oleh setiap prajurit adalah sehat jasmani dan rohani, karena dengan sehat kita dapat fokus terhadap tugas, salah satu diantaranya adalah Tekanan Darah, dengan tekanan darah yang normal maka seorang prajurit akan lebih siap melaksanakan tugas yang menjadi tanggung jawabnya, dalam pelaksanan pemeriksaan Tensi tersebut Komandan Kodim (Dandim) 1612/Manggarai Letkol Inf Rudy M. Simangunsong, S.Sos, mengatakan sebelum melaksanakan segala bentuk kegiatan/tugas sehari-hari terlebih dahulu melaksanakan "sircuit traning" dengan melaksanakan pemeriksaan tekanan darah secara rutin.  Hal ini sangatlah penting untuk mencegah terjadinya penyakit atau cedera. Kita ketahui bahwa angka pada pemeriksaan tekanan darah itu ada 2, yakni angka bagian atas (Sistolik) dan angka bagian bawah (Diastolik).

Dandim Manggarai menambahkan bahwa Sistolik adalah tekanan dalam bilik jantung saat jantung berkontraksi memompakan darah. Diastolik adalah tekanan dalam bilik jantung saat jantung relaksasi sehabis memompakan darah. Bila kita akan melakukan olah raga berat dan cukup lama, seperti lari, joging, test kesamaptaan, sepak bola dan lainnya terlebih dahulu kita melaksanakan tindakan pengamanan pada kondisi tubuh kita.

Pada saat pemeriksaan apabila tekanan darah didapati tekanan Sistolik diatas 140 mmHg (milimeter air raksa) atau Diastolik diatas 90 mmHg maka sebaiknya tidak mengikuti olah raga  atau kegiatan berat. Karena hal ini mengandung resiko dimana pada tekanan darah Sistolik sudah tinggi maka pada saat berolah raga berat tekanannya akan menjadi lebih tinggi dan dapat menyebabkan penyakit/ cedera.

Sementara Pasi intel Kodim 1612/Manggarai Lettu Inf Felentinus  Lanar menambahkan saat mengambil apel sebelum melaksanakan kegiatan pemeriksaan tekanan darah sebelum aktifitas kantor, Kamis (18/6/20)  kegiatan ini merupakan upaya pengamanan tubuh dilingkungan Kodim 1612/Manggarai yang bertujuan untuk mengetahui secara dini keadaan kesehatan prajurit dan PNS Kodim 1612/Manggarai, Lettu Inf Falentinus Lanar menambahkan pemeriksaan ini akan secara rutin dilaksanakan setiap pekan.

Sehingga diharapkan bagi personel yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi (hipertensi) atau tekanan darah rendah (hipotensi) agar lebih waspada dan memperhatikan pola hidup yang sehat, pungkasnya.(litbangMPNI)

0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151