Kasdim 0731/Kulon Progo Tabur Bunga di Pusara Makam Ny. Ageng Serang


Kasdim 0731/Kulon Progo Tabur Bunga di Pusara Makam Ny. Ageng Serang

www.mediapadjajaran.com - Kulon Progo.  Kepala Staf Kodim 0731/Kulon Progo Mayor Inf Didiet Trilaksono tabur bunga di Pusara Makam Ny. Ageng Serang, yang berada di Pedukuhan Beku, Kalurahan Banjarharjo, Kapanewon Kalibawang, Kabupaten  Kulon  Progo, dalam rangkaian acara Ziarah Nasional memperingati Hari Pahlawan ke-75 tahun 2020, Selasa (10/11).


Sebagaimana pelaksanaan Ziarah Nasional di TMP Giripeni, pada acara ziarah ini juga dilaksanakan upacara.  Bertindak sebagai Inspektur  Upacara Wakil Bupati Kulon Progo Fajar Gegana, Komandan Upacara Ipda Mihajirin dan Perwira Upacara AKP Suharto dari Polsek Kalibawang.  Pasukan Upacara terdiri dari anggota Koramil, Polsek, PNS, Lurah se-Kapanewon Kalibawang, Linmas Kalurahan Banjarharjo, dan  perwakilan Pramuka.  


Rangkaian acara ziarah diawali  dengan penghormatan kepada arwah pahlawan dipimpin oleh Komandan Upacara, peletakan karangan bunga oleh Inspektur Upacara, pembacaan doa dan penghormatan terakhir kepada arwah pahlawan dipimpin oleh Komandan Upacara.  Acara ziarah diakhiri dengan tabur bunga oleh Inspektur Upacara diikuti segenap tamu undangan.


Menurut sejarah Ny. Ageng Serang bernama asli Raden Ajeng Kustiyah Wulaningsih Retno Edi, adalah seorang Pahlawan Nasional Indonesia putri dari Pangeran Natapraja yang menguasai wilayah terpencil dari kerajaan Mataram tepatnya di Serang, sekarang merupakan wilayah perbatasan Grobogan-Sragen. Setelah ayahnya wafat Ny. Ageng Serang menggantikan kedudukan ayahnya.  Ny. Ageng Serang adalah salah satu keturunan Sunan Kalijaga, yang juga mempunyai keturunan seorang Pahlawan Nasional yaitu Soewardi Soerjaningrat atau Ki Hajar Dewantara.  Ny. Ageng Serang dimakamkan di Kalibawang, Kulon Progo. Warga Kulon Progo mengabadikan dengan membangun monumen ditengah Kota Wates berupa patung yang sedang menaiki kuda membawa tombak.

Setiap Peringatan Hari Pahlawan, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo selalu melaksanakan Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Giripeni Wates dan Makam Ny. Ageng Serang di Kalibawang. (Pendim 0731/KP/litbangMPNI).


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151