Kasrem 073/Makutarama Letkol Czi Hendro Edi Busono Secara Resmi Buka Latihan Penanggulangan Bencana Alam Tahun 2020


Kasrem 073/Makutarama Letkol Czi Hendro Edi Busono Secara Resmi Buka Latihan Penanggulangan Bencana Alam Tahun 2020

www.mediapadjajaran.com - Salatiga-Untuk mengurangi resiko bencana alam, khususnya disaat musim penghujan. Korem 073/Makutarama, melaksanakan latihan penanggulangan bencana alam didaerah Banyubiru komplek Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang, dengan tema "Korem 073/Makutarama melaksanakan tugas bantuan kepada Pemda di daerah dalam rangka penanggulangan bencana alam". Senin.(02/11/2020).


Dalam sambutan Danrem 073/Makutarama Kolonel Inf Ari Yulianto, S.I.P yang disampaikan oleh Kasrem Letkol Czi Hendro Edi Busono, kegiatan latihan simulasi kesiapsiagaan bencana alam ini bertujuan untuk melatih kesiapsiagaan aparat TNI dan instansi terkait yang tergabung dalam PRCPB dalam meningkatkan kerjasama dan keterpaduan antar unsur yang ada dalam penanganan bencana alam diwilayah.


Dengan dilaksanakannya latihan penanggulangan bencana alam ini, diharapkan dapat memahami dan mampu melaksanakan dalam perencanaan operasi penanggulangan bencana alam, berpedoman pada prosedur komando dan pengendalian bencana alam dengan cepat dan tepat, sehingga pelaksanaan latihan dapat mencapai sasaran yang diharapkan.


Latihan penanggulangan bencana ini juga untuk menguji proses pengambilan keputusan yang dapat terlaksana dengan baik mulai dari perencanaan, persiapan sampai pelaksanaan operasinya.


Sementara itu, Kasiops Korem 073/Makutarama Mayor Inf Hermawan Adi Nugroho selaku perwira olah yudha latihan penanggulangan bencana alam menyampaikan, latihan simulasi penanggulangan bencana alam yang dilaksanakan selama 5 hari ini untuk meningkatkan kemampuan prajurit dalam melakukan hubungan kerja dengan unsur terkait dalam PRCPB dan lembaga BPBD dalam operasi penanggulangan bencana alam dan evakuasi korban.

“Latihan ini merupakan media uji coba prosedur tetap Kodim 0714/Salatiga dalam penanggulangan bencana alam tanah longsor diwilayah”, terangnya.

Disamping itu, kegiatan ini juga bertujuan agar masyarakat mengetahui tindakan apa yang harus diperbuat dan dilakukan jika terjadi bencana alam di wilayahnya.


Hadir dalam pembukaan latihan penaggulangan bencana alam tersebut, para Kasi dan Pasi Korem 073/Makutarama, Kadisjan jajaran Korem, kepala penanggulangan bencana dan pengungsi Kabupaten Semarang, kepala Satpol PP Kabupaten Semarang, kepala palang merah Kabupaten Semarang serta kepala Pemadam kebakaran Kota Salatiga.(Penrem 073/Makutaram/litbangMPNI).


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151