Maulid Nabi di Tengah Pandemi Kodim Sragen Gelar Doa Bersama


Maulid Nabi di Tengah Pandemi Kodim Sragen Gelar Doa Bersama

www.mediapadjajaran.com - Kodim Sragen - Selasa, 3 November 2020 Kodim 0725/Sragen menggelar Doa bersama memperingati maulid nabi Muhammad SAW tahun 1442 H/2020 M dengan tema "Melalui Maulid nabi Muhammad SW Tahun 1442 H/2020 M tingkatkan semangat kepedulian kepada sesama di tengah pandemi covid 19", bertempat di Masjid Nurul Huda Makodim Jl Raya Sukowati No. 13 Sragen.

Dandim  0725/Sragen Letkol Inf Anggoro Heri Pratikno, S.I.P, dalam sambutannya menyampaikan, Peringatan Maulid Nabi yang kita peringati setiap tahun ini hakekatnya merupakan momentum yang baik untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dan mendalami keteladanan Nabi Muhammad SAW yang telah membawa risalah kebenaran bagi umat manusia.

“Melalui peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini, mari kita segarkan kembali nilai-nilai luhur ajaran Islam, sehingga akan semakin meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT,” terangnya.

Dalam tausyahnya Pelda Muhlisin mengatakan bahwa Maulid Nabi tahun ini diperingati di tengah pandemi. Menyikapi wabah mematikan, seperti pandemi Covid-19 ini, yang dalam literatur klasik disebut tha’un, Nabi Muhammad SAW mengajarkan untuk juga memandangnya secara positif. Selain sebagai pintu kesyahidan (at-tha’un syahadatun likulli muslimin) bagi yang wafat, juga sebagai rahmat dari Tuhan (inna hadza rahmatu rabbikum). Begitulah uraian Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam kitabnya, Badzl al-Ma’un fi Fadhli al-Tha’un.

Berkaca pada ajaran Nabi, dari wabah ini, kita bisa banyak melakukan muhasabah dan refleksi. Selain dikondisikan makin sadar, betapa lemahnya manusia di hadapan Allah, kita juga didorong untuk banyak berubah. Menjadi lebih baik. Lebih disiplin pada protokol kesehatan. Lebih menjaga kebersihan, memperkuat imunitas, saling peduli dan membantu. Makin kreatif dan inovatif memecahkan tantangan. Kian adaptif pada kemajuan. Termasuk perkembangan teknologi digital. Makin memperkukuh kemandirian. 

“ Dari ajaran Nabi, kita yakin Covid-19 merupakan ujian dan cobaan dari Allah agar kekuatan sabar dan ketegaran kita makin kukuh. Kita yakin, sebagai cobaan, Covid-19 akan berlalu. Kepada kita diajarkan, fa inna ma’al usri yusran, inna ma’al usri yusra, bahwa bersama kesulitan akan ada kemudahan, dan bersama kesulitan ada kemudahan “ imbuhnya.(litbangMPNI)


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151