Pasca Bencana, Babinsa Koramil 14 Cimanggu Bersama Warga Bersihkan Material Tanah Longsor


Pasca Bencana, Babinsa Koramil 14 Cimanggu Bersama Warga Bersihkan Material Tanah Longsor

www.mediapadjajaran.com - Cilacap - Berbekal alat seadanya, Babinsa Koramil 14/cimanggu bersama 30 orang warga terus membersihkan lumpur pasca terjadinya bencana alam tanah longsor tepatnya di Lokasi kejadian wilayah desa Panimbang dan Bantarpanjang. Selasa (17/11/2020).

Beberapa kejadian tanah longsor yang terjadi, di karenakan wilayah Kecamatan Cimanggu sebagian besar merupakan daerah pegunungan. Intennya hujan yang turun menyebabkan banyak desa yang mengalami tanah longsor. Beberapa desa yang mengalami tanah longsor salah satunya Desa Panimbang tepatnya di Dusun Cikadu RT 03/RW 10, Dusun Genteng Kulon RW 06, Dusun Genteng Wetan RW 005, dan Dusun Cikondang RW 001, RW 001. Kejadian yang sama juga terjadi di Desa Bantarpanjang yaitu di Dusun Sawangan RT 01 RW 06.


Salah satu Babinsa Koramil 14/Cimanggu Sertu Mulyono menjelaskan, “Peristiwa ini selain dipicu oleh hujan lebat, juga dikarenakan kondisi tebing yang labil, sehingga tebing pun ambrol. Material longsoran berupa lumpur ada yang menimpa rumah warga dan ada juga tanah longsor yang mengenai jalan kecil sehingga tidak bisa dilalui oleh warga untuk pejalan kaki ataupun oleh kendaraan roda dua.” jelasnya.


Selain itu, kita juga mengingatkan kepada warga masyarakat lainnya agar mewaspadai musim hujan saat ini, terutama tempat-tempat yang rawan longsor, karena saat hujan lebat, tidak menutup kemungkinan bisa terjadi bencana lain seperti pohon tumbang dan sebagainya. Intinya, warga harus selalu waspada dan berhati-hati saat hujan lebat turun. Lebih baik mengungsi ke rumah tetangganya yang lebih aman," tegasnya.(litbangMPNI)


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151