DI HUT KE-58 KOWAL, DANLANTAMAL X PUJI PERAN KOWAL SEBAGAI SRIKANDI LAUT

 

DI HUT KE-58 KOWAL, DANLANTAMAL X PUJI PERAN KOWAL SEBAGAI SRIKANDI LAUT

www.mediapadjajaran.com - Peringatan HUT Ke-58 Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) di Lantamal X kali ini dirayakan secara sederhana tanpa adanya kegiatan seremonial seperti upacara pada umumnya, bahkan diseluruh jajaran Angkatan Laut di seluruh Indonesia. 

Kegiatan upacara peringatan HUT Kowal tahun 2021 ini, yang setiap tahunnya jatuh pada tanggal 5 Januari, hanya diselenggarakan di Mabes TNI Angakatan Laut dengan inspektur upacara Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.

Namun bagi seorang komandan, di hari yang spesial bagi seluruh prajurit Srikandi Laut Indonesia, di hari yang bersejarah ini, selalu menjadi perhatian khusus. Seperti yang dilakukan oleh Komandan Lantamal X Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M., kepada para prajurit Kowal Lantamal X.

Disela-sela kesibukannya, Komandan Lantamal X secara khusus mengundang para Kowal Lantamal X untuk berbincang-bincang di ruang kerjanya, Rabu (06/01/2021).


“Kowal hebat, selamat HUT ke-58 Kowal.”, ucap Laksma Yeheskiel membuka perbincangannya. “Loh kok pada serius, wajahnya pada tegang, santai saja, ini kan masih suasana hari ulang tahun, ceria to..”, lanjut Komandan membuka ketegangan di ruangan yang cukup luas itu, disambut dengan senyum para Kowal dan seketika suasana menjadi cair.

Seolah mengingatkan pada masanya, saat masih menjadi perwira baru TNI Angkatan Laut, Danlantamal X menceritakan kepada prajurit wanitanya, bahwa jaman dahulu Kowal mempunyai image yang sangat “keras”.  “Saya berharap Kowal sekarang jangan galak-galak, tidak seperti Kowal jaman dulu, tapi galak mereka galak yang mendidik.”, ungkapnya memuji, disambut dengan senyum para Kowal.

Dalam perbincangan itu Laksma Yeheskiel tak henti-hentinya memuji semangat, disiplin, ketangguhan dan keuletan serta kesabaran yang ditunjukan para Kowal dalam mengemban tugas sebagai tentara sekaligus menjadi seorang ibu.

Menurutnya pula dalam menjalankan tugas sehari-hari sebagai seorang tentara, tidak ada perbedaan antara prajurit pria maupun wanita, termasuk kesempatan dalam mengembangkan karier maupun pendidikan di institusi TNI. ”Kowal ini perempuan, Kowal ini militer, militer ini belum tentu Kowal karena ada militer pria.”, ungkapnya pula.

”Tidak ada perbedaan jender antara pria dan wanita, karena tugas ibu-ibu Kowal ini luar biasa, di kantor tentara di rumah menjadi seorang ibu bagi anak-anaknya.”, imbuhnya memuji.

Pada kesempatan itu Danlantamal X mengingatkan agar Kowal selalu ingat akan jati dirinya sebagai prajurit TNI. Menjadi tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional. Serta dalam keseharian tidak meninggalkan sifat kelembutan dan keibuan sebagai wanita maupun sebagai senior atau atasan.

”Karena medan anda di Angkatan Laut tunjukkan jati diri sebagai Srikandi Laut. Kita tidak boleh galak, tapi kita bagaimana mengarahkan adik-adik kita ke arah yang lebih baik.”, pesannya.


Semantara itu Mayor Laut (S/W) Frederika Asnat Nussi, selaku perwira tertua mewakili enam prajurit Kowal Lantamal X yang hadir, mengucapkan rasa terimakasihnya atas perhatian Danlantamal X dalam membimbing dan membina Kowal, khususnya di hari yang istimewa bagi Korps Wanita Angkatan Laut.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Aslog Danlantamal X, Aspers Danlantamal X dan Kadiskum Lantamal X.

(Sumber Dispen Lantamal X Jayapura).


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151