PASCA LIBUR PANJANG, DENMAKO PASMAR 1 GELAR RAPID TEST

 


PASCA LIBUR PANJANG, DENMAKO PASMAR 1 GELAR RAPID TEST 

www.mediapadjajaran.com - Segenap Prajurit Detasemen Markas Komando (Denmako) Pasmar 1 melaksanakan rapid test rutin yang dilaksanakan di Mako Pasmar 1 Kesatrian Marinir Baroto Sardadi Marunda, Jakarta Utara, Senin (04/12/2020). 


Kepada media Pabandya Penerangan Pasmar 1 Mayor Marinir Aristarkus Adrian Unu mengatakan, Kegiatan rapid test ini diselenggarakan pasca libur panjang dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru, diharapkan dengan rapid test ini dapat mengantisipasi penyebaran virus Covid-19, sehingga tidak menimbulkan klaster-klaster baru khususnya di perkantoran, selain itu rapid test ini akan dilaksanakan oleh seluruh satuan-satuan dibawah jajaran Pasmar 1 sesuai perintah dari Komandan Pasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M. 


Pada pelaksanaan rapid test kali ini dilaksanakan sebanyak dua macam rapid test, yaitu rapid test antigen dan rapid test antibodi, rapid test antigen sendiri adalah tes untuk mengidentifikasi orang yang terinfeksi virus corona dengan mendeteksi adanya materi genetik atau protein spesifik dari virus tersebut dalam tubuh seseorang. Sampel yang diambil adalah lendir dari dalam hidung maupun tenggorokan dengan metode usap (swab). Sehingga, rapid test antigen terkadang disebut juga dengan swab antigen, hasil tes ini bisa didapatkan hanya dalam waktu hitungan menit saja biasanya sekitar 15 hingga 30 menit.  

Lanjut menurut Mayor Unu, rapid test antibodi adalah tes untuk mendeteksi adanya antibodi dalam darah orang yang diyakini telah terinfeksi Covid-19 dengan cara mengambil darah untuk sampel pemeriksaan. Lama waktu yang digunakan untuk mendeteksi ada tidaknya antibodi dalam tubuh adalah 5 hingga 10 menit.   


"Dari kegiatan rapid test tersebut apabila ada Prajurit yang dinyatakan positif terpapar virus Covid-19 baik dari hasil rapid test antigen maupun antibodi akan langsung ditindaklanjuti dengan melaksanakan Swab PCR yang akan dilaksanakan di Rumah Sakit Marinir Cilandak " demikian kata Mayor Unu

Hadir mengikuti kegiatan tersebut Danpasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M., Wadan Pasmar 1 Kolonel Marinir Sugianto, S.Sos., para Asisten Danpasmar 1 serta Dandenma Pasmar 1.(litbangMPNI)


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151