Babinsa Ikut Lestarikan Tradisi Dan Budaya Lokal Kabupaten

 

Babinsa Ikut Lestarikan Tradisi Dan Budaya Lokal Kabupaten

www.mediapadjajaran.com - Sambas - Serda Paulus Tomas Babinsa anggota Koramil 1208-07/Sekura ikut berpartisipasi dan melestarikan tradisi budaya  yang ada di Desa Arung Parak, Kec. Teluk Keramat, Kab. Sambas, Minggu (28-03/2021)


Suatu kehormatan bagi Serda Paulus Tomas untuk bisa menghadiri dan ikut serta menumbuk padi untuk membuat Amping bersama masyarakat desa binaan, tradisi dan budaya yang bersifat ketradisionalan seperti setiap tahunnya dilakukan setelah selesai panen padi, "Amping adalah merupakan makanan yang diolah dari padi, peninggalan nenek moyang di Kab. Sambas", kebudayaan lokal ini  memiliki nilai-nilai sejarah dan kearifan lokal yang harus dipertahankan jelas Babinsa.

Budaya dan tradisi adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia pada umumnya, "selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan sebagai simbol kehidupan dan kekuatan sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap warisan budaya leluhur", ujar Babinsa.

Komandan Koramil 1208-07/Sekura Kapten Arm Herlin Dinata Menambahkan, tradisi tersebut harus dijaga dengan baik, untuk menunjukan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki banyak adat budaya dan seni tradisional. Hal ini yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lain dari keragaman budaya yang dimiliki.

“Bila bukan kita sendiri sebagai warga negara Indonesia khususnya Kab. Sambas, siapa lagi yang akan memelihara dan melestarikan budaya lokal, jangan sampai negara lain mengakui budaya Indonesia sebagai budaya mereka”, tegasnya


Dikatakanya, sebagai penerus dan pewaris adat dan budaya tersebut, kita wajib untuk menjaganya, dari keragaman budaya daerah inilah terbentuk satu budaya nasional. Untuk menjaga budaya nasional tetap terpelihara dengan baik, tradisi yang sering dilakukan setiap selesai panen padi ini hendaknya tetap dipertahankan.  

Sebagai seorang anggota TNI Kami sangat senang dan bangga diberi kesempatan untuk ikut aktif menjaga dan melestarikan budaya lokal di Kab Sambas dengan mengikuti Penumbukan padi didaerah ini. "Inilah salah satu bentuk TNI peduli serta menghormati budaya dan kearifan lokal", tutup Danramil(litbangMPNI)


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151