BABINSA KORAMIL 1208-01 /SAMBAS MELAKSANAKAN PENGAMANAN TRADIS RITUAL SEMBAHYANG PEMAKAMAN/KUBUR WARGA ETNIS TIONGHOA

 


BABINSA KORAMIL 1208-01 /SAMBAS MELAKSANAKAN PENGAMANAN TRADIS RITUAL SEMBAHYANG PEMAKAMAN/KUBUR WARGA ETNIS TIONGHOA 

www.mediapadjajaran.com - Sambas, ritual sembahyang kubur adalah suatu  ziarah tahunan bagi Etnis Tionghoa, hari Ceng Beng biasanya jatuh pada bulan April untuk setiap tahunnya, Warga Tionghoa biasanya akan datang ke makam orang tua atau leluhur untuk membersihkannya dan sekalian bersembahyang di makam  tersebut, seperti yang dilaksanakan di Desa Sepuk Tanjung, Kec. Sebawi, Kab. Sambas, Minggu (21-3-21).


Babinsa 1208-01/Sambas, Sertu Sunoto menuturkan, Adapun keluarga yang berziarah kemakam sambil membawa buah-buahan, kue-kue, dan segala bentuk aneka makanan yang akan disajikan ke Makam leluhur atau orang tua mereka, "Dihari puncaknya nanti Masyarakat Thiongha Tumpah Ruah pergi ke Makam Leluhur mereka seperti tahun yang sudah-sudah, tambah Babinsa.


Danramil 1208-01/Sambas Kapten Inf Sulistiono menambahkan,"Kegiatan ini adalah salah satu bentuk sinergitas TNI-RAKYAT  dalam menciptakan rasa aman dan tentram bagi warga Tiong Hoa  yang sedang melaksanakan ibadah sembahyang. Sebagai antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan Kami dari Koramil 01 Sambas menempatkan Babinsa Setempat untuk melaksanakan pengamanan ritual sembahyang dan patroli di sekitar makam, ujar Danramil.

Pada kesempatan yg sama salah satu pengunjung yaitu Bpk Bun Kiong mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak TNI terutama Koramil 01/Sambas yang turut berpartisipasi dalam melaksanakan pengaman sehingga acara berjalan dengan aman dan lancar sampai selesai, ucapnya sembari tersenyum.(litbangMPNI)


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151