Kegiatan Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) Khususnya Tanaman Padi

 

Kegiatan Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) Khususnya Tanaman Padi 

www.mediapadjajaran.com - Gardal serelia padi padat karya dilaksanakan hari ini kamis tgl 08 April 2021 di kelompok tani pade girang desa mekar sari kec narmada kabupaten lobar.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala UPT Perlindungan Tanaman Pangan Dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Barat NTB bu Hj. Ida Wahyuni. Sp., M.Si, Koordintor POPT Kab Lobar bpk Agus Priyatno Sp, Koordinator PPL Kec Narmada, Petugas POPT, Kep Desa Mekar Sari, PPL wilkel Desa Mekar sari dan Babinsa bpk Abdul Mas'ud dari Kodim 1606 Lombok Barat dan Ketua Kel tani Pade Girang H.Jumahir ( beliau sebagai Ketua KTNA Prov NTB dn juga sebagai anggota DPRD Kab Lobar dari Partai Golkar).

Kegiatan di awali dengan sambutan dari ibu Kepala UPT Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kab Lombok Barat.


GERDAL adalah gerakan pengendalian OPT (Organisme Pengganggu Tumbuhan) merupakan upaya respresif yang dilakukan secara bersama sama untuk menekan serangan/populasi OPT di lapangan khusus pada tanaman padi. Pelaksanaan gerakan pengendalian OPT berdasarkan hasil pengamatan di lapangan dan rekomendasi dari petugas Pengendali Organisme Tumbuhan (POPT) setempat. Kegiatan ini dilakukan dengan aplikasi bahan pengendali OPT berupa pengendali hayati maupun pestisida.

Keberhasilan Gerakan Pengendalian OPT ditentukan oleh ketepatan waktu dan cara yang dilakukan dan dukungan dari berbagai pihak antara lain. 

Dinas Pertanian Kab Lombok Barat, BPTP Prov NTB, Pemerintah Desa, Alumni SL-PHT, Petani, Tokoh Masyarakat, TNI dan Pemangku kepentingan lainnya.(litbangMPNI)


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151