Babinsa Koramil 1202-05/Singkawang Aktif Dalam Monitoring Karhutla di Wilayah Binaan

 

Babinsa Koramil 1202-05/Singkawang Aktif Dalam Monitoring Karhutla di Wilayah Binaan

www.mediapadjajaran.com - Singkawang, Selasa (25/5/21) Babinsa Koramil 1202-05/Skw Aktif dalam monitoring Karhutla Diwilayah Binaan, Salah satu Upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Babinsa Rutin dalam melaksanakan patroli dan lakukan sosialisasi stop Karhutla kepada warga binaannya.

Diwaktu musim Kemarau, Disamping Tugas pokoknya sebagai Pembina Desa  Koptu Dahlan Rumasukun bersama  masyarakat dan warga setempat melaksanakan patroli Karhutla di seputaran Kelurahan Roban, Jalan Wonosari, Kecamatan Singkawang Tengah, Kota Singkawang.


Koptu Dahlan menyampaikan seperti diketahui bersama bahwa sebagian besar wilayah Wonosari merupakan Lahan yang masih Hijau dengan kontur tanah rawa dan gambut sebagian merupakan dataran tinggi yang menjadi lahan perkebunan bagi masyarakat sekitarnya. rawan terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan, ucapnya.


Hal inilah yang mendorong Babinsa bersama warga setempat secara sadar berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan patroli dan monitoring wilayah dengan memberikan himbauan kepada warga yang sedang melaksanakan aktifitasnya untuk selalu menjaga kelestarian hutan dengan tidak membakar apabila membuka ladang atau berkebun, ujar Koptu Dahlan Rumasukun.


“Disisi lain Koptu Dahlan Rumaaukun selaku Babinsa juga mengimbau dan mengingatkan kepada warga masyarakat agar memahami betul bahwa dampak dari kebakaran hutan sangat berbahaya bagi kesehatan dan kelestarian Alam, dengan demikian warga masyarakat harus bisa saling mengingatkan kepada warga yang  lain untuk menjaga dan  tidak membuang puntung rokok ketika sedang melintas, mencari kayu bakar dan memancing yang dapat secara tidak langsung menyebabkan terjadinya kebakaran," terangnya.


Ditempat lain, dalam rangka Pembinaan Wilayah Koramil 1202-05/Skw Tmendukung pelaksanaan kegiatan yang dilakukan guna mencegah terjadinya Bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan selain dapat merugikan kesehatan berdampak pula pada berbagai aspek perekonomian dan ababila dilakukan dengan secara sengaja dapat berhadapan dengan ketentuan hukum yang berlaku. Hal Ini disampaikan oleh Danramil 1202-05/Skw Kapten Arm Heri Trisusilo, Dimana Kegiatan monitoring terhadap Karhutla merupakan bagian dari tugas tugas kewilayahan yang dilakukan secara terus menerus dalam rangka pembinaan ketahanan wilayah.(litbangMPNI)


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151