Pencanangan Kampung Pancasila Kalurahan Jatimulyo

 

Pencanangan Kampung Pancasila Kalurahan Jatimulyo 

www.mediapadjajaran.com - Kulon Progo, Komandan Kodim 0731/Kulon Progo Letkol Inf Nurwaliyanto, melaksanakan Pencanangan Kampung Pancasila di Pedukuhan Gunung Kelir Kalurahan Jatimulyo, Kapanewon Girimulyo, dihadiri Forkopimda dan OPD terkait, Para Danramil, Forkopimkap, Lurah beserta Pamong, Toga, Tomas, Karang Taruna dan warga masyarakat, Selasa (29/03/22).

Acara diawali dengan mengunjungi Vihara Giriloka. Pada kesempatan ini Dandim beserta rombongan beramah tamah dengan umat Budha dan menyaksikan pemutaran video singkat tentang kerukunan umat beragama di Kalurahan Jatimulyo.


Kegiatan dilanjutkan dengan acara Pencanangan Kampung Pancasila di Pasar Pedukuhan Gunung Kelir. Lurah Jatimulyo mengatakan bahwa Kalurahan Jatimulyo merupakan daerah yang mandiri budaya dan sadar kerukunan beragama, kami juga mendapat amanah dari Sultan untuk merawat yang tidak terawat. Dengan adanya kemajuan teknologi kami juga membentuk kalurahan digital, dengan dicanangkannya sebagai Kampung Pancasila, akan kami akreditasikan ke tingkat provinsi.

Sambutan Bupati Kulon Progo dibacakan Kaban Kesbangpol antara lain disampaikan bahwa pembentukan Kampung Pancasila didasarkan kondisi sebuah desa/kampung/kalurahan yang majemuk, terdiri dari berbagai macam agama tetapi sangat rukun dan damai, hal ini merujuk pada Pancasila sebagai lambang negara Iyang di dalamnya memiliki arti Bhineka Tunggal Ika.


Kampung Pancasila dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan kerukunan dan toleransi antar umat beragama, melestarikan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam butir-butir sila Pancasila.  Pemkab Kulon Progo sangat mendukung Pencanangan Kampung Pancasila ini dan terima kasih kepada Kodim 0731/Kulon Progo yang telah memfasilitasinya.

Dandim 0731/Kulon Progo dalam sambutannya mengatakan bahwa latar belakang dibentuknya Kampung Pancasila adalah sebagai implementasi dari penerapan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, sebagai contoh adanya toleransi dan hidup damai antar umat beragama, tanpa konflik.

Dengan pembentukan Kampung Pancasila diharapkan dapat menciptakan suatu media pembelajaran nilai-nilai luhur Pancasila, menumbuhkan kerukunan meski beragam agama.  Selain itu juga untuk menanamkan nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika dan memberikan pemahaman warga negara dalam menerapkan sila-sila Pancasila.

Diakhir sambutan Dandim mengatakan “pada hari ini Selasa, tanggal 29 Maret 2022, pukul 10.23 WIB, Pedukuhan Gunung Kelir, Kalurahan Jatimulyo, Kapanewon Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, saya nyatakan sebagai Kampung Pancasila”, 

Pencanangan Kampung Pancasila Kalurahan Jatimulyo ditandai dengan pemukulan  gong oleh Dandim didampingi segenap pejabat lainnya.

Dalam rangkaian acara pencanangan Kampung Pancasila ini dilakukan pemberian cinderamata kepada Lurah, Takmir Masjid Mujahidin, Pimpinan Vihara Giriloka, Pengurus Tapel Karanggede dan penyerahan bantuan dari Baznas kepada Takmir Masjid Mujahidin sebesar lima juta rupiah. (Pendim 0731/Litbang MPNI).


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151