Sosialisasi dan Pembekalan Pembuatan Pompa Air Hidram Bantuan Pangkostrad

 

Sosialisasi dan Pembekalan Pembuatan Pompa Air Hidram Bantuan Pangkostrad

www.mediapadjajaran.com - Kulon Progo. Komandan Kodim 0731/Kulon Progo Letkol Inf Nurwaliyanto, dampingi tim dari Kostrad yang dipimpin Kapten Cpl Asep (Pagud Pal Kostrad), dalam acara sosialisasi dan pembekalan tentang rencana pemasangan pompa air hidram bantuan dari Pangkostrad, acara berlangsung di Aula Balai Kalurahan Sidomulyo, diikuti  warga Pedukuhan Kutogiri dan Babinsa Kodim 0731/Kulon Progo,  Selasa (15/03/22).

Hadir pula dalam acara tersebut Pasiter Kodim 0731/Kulon Progo Kapten Inf Triyono Danramil 11/Pengasih Kapten Inf Andik Setyawan, Bati Bakti TNI Peltu Sukamdi, Lurah, Pamong dan Dukuh Kutogiri Kalurahan Sidomulyo, Kapanewon Pengasih. 

Supriyanto Lurah Sidomulyo, mengucapkan selamat datang kepada Dandim dan tim dari Kostrad, yang pada hari ini akan melaksanakan sosialisasi dan pembekalan tentang pembuatan pompa air hidram.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pangkostrad yang telah memberikan bantuan pompa air hidram sekaligus pemasangannya, guna mengatasi kesulitan warga Pedukuhan Kutogiri Kalurahan Sidomulyo dalam mendapatkan air bersih. Kondisi wilayah kami adalah pegunungan dan hampir 50% warga mengalami kesulitan mendapatkan air bersih ketika musim kemarau, semoga program ini bermanfaat dan dapat  meringankan beban warga”, tuturnya.

Dandim 0731/Kulon Progo menyampaikan bahwa hari ini kita kedatangan tamu dari Kostrad untuk melaksanakan sosialisasi dalam rangka pembuatan pompa air hidram bagi warga Pedukuhan Kutogiri, Kalurahan Sidomulyo, Kapanewon Pengasih.


“Kami dari Kodim 0731/Kulon Progo sangat mendukung program ini, agar masyarakat Sidomulyo khususnya Pedukuhan Kutogiri mudah mendapatkan air bersih saat musim kemarau. Untuk teknis pembuatan pompa air hidram kami serahkan sepenuhnya kepada tim dari Kostrad, kami siap membantu”, tegasnya.

Kapten Cpl Asep mengatakan bahwa kami mendapat perintah dari Pangkostrad untuk melaksanakan sosialisasi pembuatan pompa air hidram bagi warga Kalurahan Sidomulyo, untuk teori praktis akan disampaikan oleh Serda Moh Fadli Canu (Denpal Divisi-2 Kostrad), setelah sosialisasi hari ini, segera akan kita mulai pembuatannya.

Dijelaskan Serda Moh Fadli Canu bahwa ada tiga macam pompa air yaitu pompa air  hidram, pengeboran dan gravitasi, untuk wilayah Kalurahan Sidomulyo akan kita gunakan pompa air hidram yaitu sebuah pompa dengan tenaga penggeraknya berasal dari tekanan atau hantaman air yang masuk melalui pipa ke dalam pompa, rencananya kita akan membuat dua buah pompa air hidram.

Selesai acara sosialisasi dan pembekalan dilanjutkan dengan meninjau lokasi dimana pompa air hidram akan dibuat, yakni di dekat aliran sungai Pedukuhan Kutogiri. Pada kesempatan tersebut tim menjelaskan tentang peralatan atau komponen pompa air hidram, cara merangkai atau pemasangan dan juga perawatannya. (Pendim 0731/Litbang MPNI).


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151