MARINIR IKUTI LATMA AMAN 2019 DI PAKISTAN


MARINIR IKUTI LATMA AMAN 2019 DI PAKISTAN 

TNI AL mengirim satu tim dari Korps Marinir untuk mengikuti latihan bersama (Latma) AngkatanLlaut Multinasional AMAN 2019 di Karachi, Pakistan. Latma AMAN 2019 ini adalah latihan pertama yang diikuti oleh Marinir TNI AL.  Latma AMAN 2019 yang berlangsung selama lima hari, digawangi oleh AL Pakistan. Latihan dengan moto “Unity for Peace”  ini dibuka di Aquatic Club PN Dockyard Karachi, Pakistan, pada Jumat (8/2/2019).


Satu tim Marinir TNI AL dipimpin Mayor Mar Aristoyuda, yang sehari-harinya menjabat sebagai Pabandyalat Sops Korps Marinir. Latihan ini diikuti  46 negara. Latihan dibuka oleh Wakil Komandan Armada Pakistan Laksamana Amjad Khan Niazi.

Dalam pidatonya  Wakil Komandan Armada Pakistan menjelaskan bahwa “AMAN”  yang berarti perdamaian, adalah langkah untuk meningkatkan kerja sama di antara seluruh negara. Menurutnya, keamanan maritim sangat penting untuk keamanan nasional dan menjaga rute maritim sangat penting bagi perekonomian.


Negara yang mengikuti latihan di antaranya Indonesia, Nigeria, Maldives, Perancis, Mesir, China, Brunei Darussalam, Australia, Oman, Palestina, Polandia, Uni Emirat Arab, Sri Lanka, Thailand, Turki, Inggris, Jepang, dan Amerika Serikat.

Salah satu bentuk latihan adalah taktik dan teknik ship boarding operation.  Dalam latihan ini, TNI AL menerjunkan prajurit Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Marinir.


Selama latihan bersama ini, prajurit angkatan laut dari negara peserta melaksanakan berbagai materi. Antara lain TTX MIO, Airborne Operations and CT Operations, Small Arms Firing, Advanced Markmanship Drill, Close Quarter Battle, Force Protection Exercise, Anti Piracy Demo, Vehicle/Personnel Search, IED Handling serta Detection and CM Against Suicide Bombers.


Pada intinya, Latma AMAN adalah latihan gabungan yang sifatnya berbagi ilmu dan taktik militer yang selama ini dimiliki dan dikembangkan di negara masing-masing.

Latma bertujuan untuk meningkatkan kemampuan operasional bersama angkatan laut negara-negara yang berpartisipasi demi perdamaian dan stabilitas di wilayah. Latma AMAN adalah latihan maritim multinasional dua tahunan yang diselenggarakan oleh AL Pakistan sejak 2007.(litbangMPNI)

0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151