Rusia - NATO mendekat pada perang terbuka


Rusia - NATO mendekat pada perang terbuka

Mata pakta pertahanan NATO terbuka saat Rusia menginvasi ossretia selatan Georgia hanya dalam 5 hari, tepatnya 7 - 12 Agustus 2008. Mereka sadar bahwa Rusia telah jadi agresor yg potensial terhadap negara Eropa lainnya. 

Karna itu setahun kemudian taun 2009 Albania, Kroasia dan Montenegro direkrut NATO sebagai anggota baru untuk nantinya disana ditempatkan alutsista pertahanan yg akan menahan agresi Rusia yg diprediksi akan terjadi gk lama lagi.


Ternyata benar. Ukraina sebagai negara bekas uni Soviet di invasi ditaun 2014 dengan hasil Crimea dianeksi Rusia melalui referendum. 

referendum ini dianggap tidak sah dan melahirkan resolusi dewan keamanan PBB oleh 13 negara anggota yg langsung diveto Rusia dan RRC memilih abstain.

Ukraina meminta bantuan dunia termasuk Disni NATO dan PBB .... Tapi PBB hanya mengutuk tindakan Rusia dan NATO hanya mengancam akan memberlakukan sanksi ekonomi.


Bukan Putin namanya kalau bukan nekat. Sanksi ekonomi Amerika dibalas demonstrasi militer terbesar dgn melibatkan  hingga 38 ribu personel. Selain itu, sebanyak 3.360 unit senjata dan kendaraan, 110 pesawat dan 55 kapal perang juga ikut dikerahkan. Termasuk Disni pembom kelas berat TU-22m3 dikerahkan. 

Bukan juga NATO kalau gak bisa apa-apa melihatbaksi Rusia , NATO membalas provokasi Rusia dgn mengadakan latihan perang skala besar bahkan yg terbesar di sisi timur sejak perang dingin ini melibatkan 20 negara dan 30 ribu pasukan di Polandia taun 2016, Amerika sendiri menurunkan 14 ribu pasukan


Swedia sejak 2017 memberlakukan wajib militer untuk antisipasi invasi Rusia dan mengakuisisi rudal patriot. Meski Swedia keukeuh menolak menjadikan anggota NATO tapi Swedia tetap jalin hubungan militer yg kuat dgn Amerika.

Maka gak heran sejak 2016 Amerika sebar ratusan anti rudal di Eropa yg hal ini sangat ditentang Rusia. Bahkan Pada bulan Juli, Wakil Presiden AS Mike Pence mengindikasikan bahwa AS mempertimbangkan untuk menerapkan sistem Patriot ke Estonia. Polandia baru-baru ini mendapatkan kesepakatan senjata senilai USD 10,5 miliar dengan Washington untuk membeli 208 rudal Patriot PAC-3 di samping 16 peluncur dan empat radar.


Sejak 2016 juga Rusia mengawasi pergerakan militer NATO yg membangun basis mobilitas serta cadangan logistik yg menurut Rusia mampu mempermudah NATO menggerakkan 300ribu pasukan dalam waktu singkat.

Terbaru November 2018 diNorwegia, militer NATO menggelar simulasi pertahanan di front utara dengan melibatkan 50 ribu personel, 250 pesawat tempur, dan 10 ribu tank, truk, dan kendaraan tempur lainnya, gak ketinggalan kapal induk USS Harry Truman beserta 6000 personilnya ikut ambil bagian.


Dan gak keitung aksi saling provokatif dari kedua belah pihak disekitar daerah perbatasan yg ini mengindikasikan bahwa NATO sangat serius dalam menghadapi setiap langkah yang dilakukan Rusia.

So .... Saling menumpuk alutsista berat dan Matra udara disekitar perbatasan jelas2 adalah sebuah persiapan perang yg kapan saja bisa pecah.(litbangMPNI)

0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151