LAPAN akan mampu mengembangkan missile jarak jauh atau rudal balistik untuk memperkuat pertahanan udara nasional.

LAPAN akan mampu mengembangkan missile jarak jauh atau rudal balistik untuk memperkuat pertahanan udara nasional.

MPNI - Jika RX-550 ini bisa sukses, maka LAPAN akan mampu mengembangkan missile jarak jauh atau rudal balistik untuk memperkuat pertahanan udara nasional.Lalu langkah selanjutnya adalah menyiapkan sistem kontrol untuk rudal balistik ini.

RX-550 diklaim sebagai roket paling besar yang pernah LAPAN kembangkan, yaitu kaliber sekitar 550 mm. Roket ini menggunakan bahan bakar hydroxyl toluen poly butadiene (HPTB) ini yang memiliki daya jangkauan sekitar 533 km dan mampu terbang dnegan ketinggian 150 Km. Roket ini juga bisa mengorbit layaknya satelit dengan panjang sampai 10 meter pada komponen level pertama dan level kedua.

Kecepatan maksimumnya berhasil menembus angka Mach 7.67, terlebih lagi roket ini mampu ditumpangi payload hingga 300 kg, yang artinya untuk keperluan militer roket ini mampu membawa hulu ledak yang cukup berat dan berpenghancur tinggi.

Lapan juga mengajak Ukraina dalam pengembangan RX-550 ini, yaitu bagian nosel roket yang akan dilakukan proses alih teknologi juga. Nosel roket merupakan poin penting pengembangan RX-550 ini. Di tahun 2011 yang lalu, LAPAN melakukan uji terbang dan roket ini ternyata masih belum layak uji terbang. Hal ini karena rancangan komponen nossel pada motor roket yang belum sempurnya.

Standartnya memiliki ketebalan material hingga 6 mm, tapi roket ini hanya memiliki ketebalannya 3 mm saja. Sehingga material yang seharusnya mampu menahan panas hingga 3.000 derajat celcius selama kurang lebih 14 detik, hanya mampu bertahan 7 detik saja. Sehingga ketika masuk detik ke 8, material pada nossel menjadi pecah dan robek. Tapi LAPAN tetap akan memperbaiki kekurang itu, meskipun mengalami masalah pada tabung motor dan nosel.

Disamping RX 550, LAPAN yang bekerja sama dengan berbagai lembaga strategis juga tengah mengembangkan roket kendali atau cruisser. Salah satunya adalah Roket Kendali Nasional atau RKN 200.

Spesifikasi Roket RX-550:

Panjang : 14,91 meter
Diameter : 0,555 meter
Litoff weight : 4.943 Kg
Potential payload weight : 300 K

1 komentar:

  1. Sangat setuju demi kemandirian pertahanan negara kita, industri pertahanan dalam negeri harus ditumbuhkembangkan agar tidak tergantung dengan produk dan alutsista luar negeri.

    NKRI Harga Mati!


    Produsen Boneka
    Produsen Boneka

    BalasHapus

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151