Satkomhan 1 : Satelit Militer Pertama Indonesia,Upaya Kemhan Masuki Era Network Centric!.


Satkomhan 1 : Satelit Militer Pertama Indonesia,Upaya Kemhan Masuki Era Network Centric!.

(09/03/2019)
BMDI -- Diberitakan Space Skyrocket (7/3/2019) Indonesia kini sedang mempersiapkan satelit khusus yang dibuat untuk keperluan militer yang diberi nama SatKomHan 1 (Satelit Komunikasi Pertahanan-1). Satkomhan adalah Satelit Militer geostasioner buatan Airbus Defence yang memancarkan frekuensi L Band.

Airbus Defence merancang Satkomhan agar dapat menyediakan jalur komunikasi yang aman bagi para pemangku kebijakan di bidang pertahanan dan keamanan, Airbus Defense mengklaim satelit ini sangat cocok untuk mendukung operasi anti terorisme, perdagangan narkoba, tindakan permusuhan dari negara lain hingga penanggulangan bencana alam.

Secara teknis Satkomhan memiliki spesifikasi berat 5,8 ton dan memancarkan frekuensi L Band dengan aperture (bukaan) sepanjang 18 meter. Sementara untuk daya sebagaimana satelit lainnya menggunakan sebuah panel solar sel untuk mengisi baterai yang mempunyai daya tahan hingga 17-20 tahun.

Menurut rencana Satkomhan akan resmi beroperasi pada tahun 2020 dan pada tahun 2020 tersebut secara resmi Indonesia memasuki era Network Centric yang mana sudah bukan menjadi masalah lagi untuk “menyambungkan” berbagai macam alutsista dalam satu sambungan komunikasi yang aman.(BMDI)

0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151