Melawan Iran akan Menjadi Perang Yang Sulit Bagi AS


Melawan Iran akan Menjadi Perang Yang Sulit Bagi AS

Kemampuan Iran untuk mempertahankan diri melawan invasi AS dimulai dengan geografi tangguhnya. Menurut Stratfor, sebuah perusahaan intelijen swasta, Iran adalah sebuah benteng. Dikelilingi oleh pegunungan pada tiga sisi dan di sisi keempat oleh laut, dengan gurun di tengahnya, Iran sangat sulit untuk ditaklukkan

Penyerangan melalui perairan selalu membuat invasi ke darat jauh lebih disukai untuk menyerang, tetapi amunisi presisi-dipandu telah membuat invasi amfibi sangat menantang.

AS akan lebih memilih untuk menyerang Iran melalui salah satu perbatasan darat, seperti ketika menginvasi Irak pada tahun 2003.

Sayangnya, ada beberapa pilihan dalam hal ini. Pada pandangan pertama, invasi dimulai dari Afghanistan barat menjadi rute yang paling masuk akal, mengingat militer AS telah memiliki pasukan yang ditempatkan di negara itu. Sayangnya, itu tidak akan banyak pilihan sama sekali.

Untuk mulai dengan strategi ini, dari sudut pandang logistik, membangun kekuatan invasi besar di Afghanistan barat akan menjadi mimpi buruk, terutama sekarang bahwa hubungan Amerika dengan Rusia telah sangat memburuk.

Lebih penting lagi, adalah geografi wilayah perbatasan. Pertama, ada beberapa pegunungan kecil sepanjang wilayah perbatasan.

Pergi dari perbatasan Afghanistan untuk masuk ke sebagian besar kota-kota besar Iran harus melintasi dua daerah gurun besar: Dasht-e Lut dan Dasht-e Kavir.

Dasht-e Kavir sangat menakutkan, karena kavirs yang mirip dengan pasir. Sebagai catatan Stratfor, Dasht-e Kavir terdiri dari lapisan garam yang meliputi lumpur tebal, dan mudah untuk menembus lapisan garam dan tenggelam dalam lumpur.

Ini adalah salah satu tempat paling menyedihkan di bumi. “Ini sangat akan membatasi kemampuan Amerika untuk menggunakan infanteri mekanik dan mungkin dalam pemasangan invasi.

Sementara di sisi barat laut Iran berbatasan dengan Turki, sekutu NATO dari Amerika Serikat. Sementara Ankara bahkan menolak izin Amerika!(Adi.G/litbangMPNI)

1 komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151