UNSUR TRIPIKA YAPEN TIMUR BERI HIMBAUAN KEPADA PEMUKA AGAMA TERKAIT PELAKSANAAN IBADAH DI MASA PANDEMI COVID-19

UNSUR TRIPIKA YAPEN TIMUR BERI HIMBAUAN KEPADA PEMUKA AGAMA TERKAIT PELAKSANAAN IBADAH DI MASA PANDEMI COVID-19

www.mediapadjajaran.com -Yapen, Sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kewaspadaan serta pencegahan meluasnya virus Corona/Covid-19, Babinsa Koramil 1709-02/Yaptim Kopda Adam Sudak mewakili Danramil bersama dengan Kepala Distrik Yapen Timur Januarius Lermatan dan Kapolsek Yapen Timur Iptu Arif. M, memberikan himbauan dan pemahaman kepada para Pemuka Agama di masing-masing Kampung se-Distrik Yapen Timur, tentang pelaksanaan ibadah di rumah guna mencegah penyebaran virus corona atau covid 19, Selasa (21/04/2020).

Kegiatan yang dilakukan oleh unsur Tripika Distrik Yapen Timur secara door to door kepada para Pemuka Agama yang diantaranya adalah para Pendeta dan Ustad, bertujuan untuk mensosialisasikan kembali instruksi dari pemerintah dalam hal ini Bupati Kep. Yapen tentang pelaksanaan ibadah sehubungan dengan keadaan darurat masa pandemi covid-19 sekarang ini.

Kepala Distrik menyampaikan, untuk pelaksanaan ibadah baik itu ibadah hari Jum’at maupun ibadah hari Minggu silahkan dilaksanakan dan tidak dilarang, akan tetapi tidak diperbolehkan untuk mengumpulkan banyak orang dan sangat dianjurkan untuk melaksanakannya dirumah masing-masing guna menekan dan mencegah penyebaran virus.

“Kegiatan ibadah tidak dilarang, namun dianjurkan untuk dilaksanakan dirumah masing-masing. Beribadah di rumah bukan suatu kesalahan, terlebih saat keadaan darurat seperti sekarang. Malah, menjauhi kerumunan menjadi tugas utama seluruh umat agar bisa saling menjaga satu sama lain dari bahaya Covid-19,” imbau Kadistrik.

Pada kesempatan yang sama juga Babinsa menambahkan bahwa menghindari kerumunan di saat sekarang ini termasuk dalam ibadah. “Menghindari kerumunan yang berpotensial dalam penyebaran virus adalah ibadah di sisi Tuhan. Untuk itu kami berharap kepada para pemuka agama untuk bekerjasama dalam membantu upaya pencegahan penyebaran virus corona khususnya di wilayah Yapen Timur,” terang Kopda Adam.

Disisi lain, para pemuka agama pun sependapat dan juga sepakat untuk menghimbau warga agar melaksanakan ibadah di rumah. “Kami selaku pemuka agama menegaskan kepada masing-masing umat beragama di tiap kampung untuk beribadah di rumah masing-masing dalam keadaan darurat saat ini, sebagai upaya menekan penyebaran pandemi virus corona,” ujar Pdt. Niko Luthermas S.Th salah satu pemuka agama di Distrik Yaptim.(litbangMPNI)

0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151