CEGAH MASUKNYA COVID-19, BABINSA YAPSEL BANTU DINKES YAPEN SCREENING WARGA DARI LUAR DAERAH

CEGAH MASUKNYA COVID-19, BABINSA YAPSEL BANTU DINKES YAPEN SCREENING WARGA DARI LUAR DAERAH

www.mediapadjajaran.com - Yapen, Sebagai upaya dalam mencegah masuknya wabah Covid-19 dari luar daerah, Babinsa Koramil 1709-01/Yapsel Sertu Coristo dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), ikut terjun langsung bersama dengan Kepala Dinas Kesehatan Kab. Kep. Yapen Karolus Tanawani, S.K.M, MPH dan Kepala Pustu Distrik Ambai Melkianus Imbiri, S. Kep.Ners, dalam melakukan pemeriksaan dan pengecekan kesehatan kepada warga Kampung Saweru yang baru datang dari Manokwari, Provinsi Papua Barat, Sabtu (09/05/2020).

Kegiatan yang juga turut dihadiri oleh Juru Bicara Covid-19 Kepulauan Yapen, dr. Andi Raya dan Kapospol Distrik Kep. Ambai  Brigadir Roni Oropa, merupakan suatu bentuk upaya yang dilakukan dalam mencegah dan mengantisipasi berkembangnya virus corona atau covid-19 khususnya di wilayah Kab. Kep. Yapen.

Kadinkes menerangkan bahwa ini merupakan langkah cepat yang diambil berdasarkan informasi yang didapat dari berbagai sumber yang salah satunya dari Babinsa, yang dengan segera dilakukan upaya pencegahan dengan melakukan screening kepada warga yang baru datang ini sebelum berinteraksi dengan warga lainnya. Dan juga melakukan pengecekan suhu tubuh serta mengambil sampel darah, dan memberikan instruksi agar mereka melakukan karantina mandiri di rumahnya.

Pada kesempatan yang sama juga Coristo mengatakan bahwa sudah menjadi tugas dan tanggung jawabnya sebagai Babinsa di wilayah binaan dalam mengayomi dan melindungi segenap warganya, terlebih di saat pandemi covid-19 sekarang ini. “Dengan informasi yang didapat ini, maka kami pun bisa dengan cepat mengambil tindakan pencegahan, meskipun hal tersebut juga belum bisa dipastikan apakah mereka sudah terpapar atau belum. Intinya mencegah lebih baik dari pada mengobati,” pungkasnya.(litbangMPNI)

0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151