Pertegas Penanganan Covid 19, Warga Berusaha Mangkir Dari Karantina Dijemput Tiga Pilar Dirumahnya

Pertegas Penanganan Covid 19, Warga Berusaha Mangkir Dari Karantina Dijemput Tiga Pilar Dirumahnya

www.mediapadjajaran.com - JEMBER – Dalam situasi seperti sekarang ini ketegasan dan keterpaduan semua pihak menyikapi permasalahan covid 19 ini menjadi sangat penting, sehingga upaya memutus rantai penularan yang selama ini dilakukan dapat berjalan dengan maksimal, masyarakat luas dapat terlindung dari bahaya penularannya.

Seperti yang terjadi terhadap warga atas nama inisial RS , sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang pulang dari Taiwan ke rumahnya di Dusun Bregoh Desa Sumberejo Kec Ambulu Kab Jember, dalam perjalanan pulang pada 08/05/2020 sesampai di Posko Covid 19 Perbatasan Sumberbaru Jember, dalam pemeriksaan mengaku sudah menjalani karantina dan menolak menjalani karantina di Jember Sport Garden (JSG) Jember, akhirnya mereka dipersilahkan pulang dan diarahkan agar melapor ke kantor desa domisilinya.

Arahan terebut tidak dihiraukan, akhirnya pada Sabtu 09/05/2020,  Kepala Desa  Sumberejo Riono Hadi, Babinsa Serda M Kozin, Bhabinkamtibmas Bripka Wira Budi Atmaja, bersama Petugas Kesehatan Puskesmas Ambulu dr. Supriyono, mendatangi rumah RS dan melakukan screening terhadap yang bersangkutan, berdasarkan hasil screening tersebut diberikan penjelasan bahwa yang bersangkutan sekarang juga harus masuk karantina di JSG.

Akhirnya sejak saat tersebut yang bersangkutan dibawa menggunakan mobil ambulance didampingi petugas Puskesmas, dikawal oleh Tiga Pilar Desa Sumberejo untuk membawa yang bersangkutan menuju JSG Jember, untuk menjalani  karantina.

Komandan Koramil 0824/24 Ambulu Kapten Arm Anton Hermawan saat kami konfirmasi, membenarkan adanya warga yang membandel dan berupaya mangkir dari karantina, dan karena warga yang baru pulang dari daerah merah apalagi diluar negeri, sesuai Kebijakan Pemerintah Daerah dan Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid 19 Kab Jember, sudah jelas dan wajib menjalani karantina, guna mencegah meluasnya penularan covid 19, sehingga kita lakukan langkah-langkah tegas tersebut bagi warga yang membandel.

Sementara itu Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, dalam konfirmasinya terkat tindakan Tiga Pilar tersebut menyampaikan, bahwa kita sangat mendukung upaya tegas dari perangkat diwilayah jajaran, terhadap orang-orang yang membandel tersebut, kita tidak main-main dalam melakukan upaya percepatan penanganan covid 19 ini, upaya ini tentunya untuk menyelamatkan masyarakat luas dari bahaya penularan.
Untuk itu melalui kesempatan ini saya turut menghimbau kepada masyarakat, agar memahami situasi dan kondisi saat ini, untuk mematuhi kebijakan dan protokol kewaspadaan yang diberlakukan didaerah, masyarakat harus jujur saat menjalani pemeriksaan atau screening, karena kalau tidak jujur akan mencelakai banyak orang, sekali lagi mari kita patuhi semua pemberlakuan selama pandemi covid 19 ini, agar kita dapat segera keluar dari krisis ini. Pungklas  Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)

0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151