AMPHIBI Peringati Hari Lingkungan Hidup Dunia Lakukan Penghijauan dan Penataan di Sungai Deli

AMPHIBI Peringati Hari Lingkungan Hidup Dunia Lakukan Penghijauan dan Penataan di Sungai Deli

www.mediapadjajaran.com - Medan, Dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Dunia atau World Environment Day, Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup & B3 Indonesia (Dpw Amphibi Sumut dan Dpd Amphibi Kota Medan) lakukan aksi penanaman pohon produktif dan pohon pelindung serta penataan lingkungan disepanjang Sungai Deli di jl.datuk rubiah kel.rengas pulau kec.medan marelan sumatera utara pada, 
Jum'at (5/6/2020).

"World Environment Day" atau Hari Lingkungan Hidup Dunia untuk pertama kali ditetapkan PBB pada tanggal 5 Juni 1974. Pada tahun 2020, Negara Kolombia dipilih oleh PBB (UNEP) untuk menjadi tuan rumah dalam perayaan Hari Lingkungan Hidup Dunia 5 Juni 2020 yang bertemakan "Keanekaragaman Hayati" atau "Biodiversity". 

Ketua Dpw Amphibi Sumut M.Nur Nainggolan di dampingi sekretaris Franky Simatupang menyatakan, "Memperingati Hari Lingkungan Hidup Dunia 5 Juni 2020 dengan melakukan "Aksi penanaman pohon dikarenakan pohon mampu membersihkan udara dan menyerap 22 kilo karbon dioksida serta melepaskan oksigen ke alam sebagai gantinya.
Oksigen yang dihasilkan oleh pohon  tentunya sangat dibutuhkan seluruh makhluk hidup yang berada dimuka bumi.
Adapun pohon yang kami tanam yaitu Trumbesi, durian, jengkol, petai, rambutan dan sirsak, "jelas M.Nur.

Sebelum melakukan penanaman pohon M.Nur juga melakukan pengontrolan lokasi taman sungai yang sedang ditata Amphibi Sungai Deli dan selanjutnya menyerahkan SK.Kepengurusan Amphibi Sungai Deli masa bakti 2020-2022.
Disela penyerahan SK, M.Nur juga menghimbau kepada seluruh pengurus dan anggota Amphibi Sungai Deli untuk terus semangat melakukan sosialisasi kepada masyarakat maupun pelaku usaha/industri yang berada disepanjang bantaran sungai deli agar tidak mencemari air sungai deli.

Hal tersebut bisa merusak berbagai Keanekaragaman Hayati yang hidup disepanjang sungai deli.
Untuk itu mari kita bersama-sama menjaga dan merawat sungai deli dan Bumi tercinta ini.
Saat ini Bumi kita juga telah terjadi perubahan iklim yang drastis, "ujar M.Nur.

Senada dengan ketua Dpd Amphibi Kota Medan Rudianto menyatakan, "dengan memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni 2020, dirinya mengajak seluruh pengurus dan anggota Amphibi untuk saling bahu membahu dan bekerja sama dalam menata sungai deli dengan penuh rasa tanggung jawab.
Merangkul masyarakat disepanjang bantaran sungai agar ikut peduli terhadap lingkungan dengan tidak membuang sampah ke sungai. Menghimbau para pelaku usaha/industri untuk tidak membuang limbah industri nya tanpa dikelola terlebih dahulu melalui proses IPAL ke sungai deli.

Dengan terbentuknya kepengurusan Amphibi Sungai Deli, setidaknya pencemaran air di sungai deli dapat terkontrol dan terawasi.
Rudianto juga menegaskan, "apabila mendapatkan temuan pelaku pencemaran, di sungai deli, untuk segera menindaklanjuti sesuai aturan dan undang-undang yang berlaku, "tegas Rudianto.
(red.litbang).

0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151