DANKORMAR: MARINIR YANG EKSPEDISIONER DAN MULTIROLE DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0


DANKORMAR: MARINIR YANG EKSPEDISIONER DAN MULTIROLE DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

www.mediapadjajaran.com - Dispen Kormar (Jakata). “Untuk dapat menjawab segala tantangan, maka Korps Marinir harus dapat beradaptasi, berakselerasi dan berinovasi dengan melakukan perubahan serta pengembangan taktik dan strategi militer yang lebih terintegrasi sebagai Marinir yang Ekspedisioner dan Multirole di era Revolusi Indrustri 4.0”, papar  Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Suhartono M.Tr (Han), saat memberikan pembekalan kepada Perwira Siswa Pendidikan Reguler Sekolah Komando Angkatan Laut (Pasis Dikreg Seskoal) Angkatan ke - 58 TA. 2020.


Dalam pembekalan yang berlangsung virtual melalui sambungan video conference yang disampaikan oleh Komandan Korps Marinir di Mako Kormar Jl. KKO Usman dan Harun Kwitang Jakarta Pusat, sedangkan Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 TA.2020 berada di Ruang Mess masing-masing, Jl. Cipulir, Jakarta Selatan.


Mengawali pembekalan, Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han)., memberikan sambutan dan ucapan terima kasih kepada Dankormar yang telah meluangkan waktu ditengah kesibukannya untuk memberikan pembekalan kepada Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 TA.2020. Disampaikan pula, bahwa kegiatan ini sesuai dengan salah satu point pada Prioritas pemerintah yaitu di dalam perkembangan revolusi industri 4.0,.


Dalam pembekalannya, Dankormar menyampaikan pemanfaatan teknologi yang disebut dengan industrie 4.0 dan merupakan salah satu pelaksanaan proyek strategi modern jerman 2020 (germany’s high-tech strategy 2020) untuk menghadapi kompetisi global. Revolusi industri generasi ke-4 ini ditandai dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat dan masif. perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat dan cepat telah melahirkan teknologi informasi dan proses produksi yang dikendalikan secara otomatis.


Lebih lanjut, mesin industri tidak lagi dikendalikan oleh tenaga manusia tetapi menggunakan programmable logic controller (plc) atau sistem otomatisasi berbasis komputer. revolusi industri generasi ke-4 ini memiliki skala, ruang lingkup, dan kompleksitas yang lebih luas, dengan kata lain industri 4.0 berhubungan erat dengan sistem otomatisasi dari keseluruhan sistem yang ada, ucap Dankormar.


Diakhir pembekalan dikatakan Dankormar bahwa perkembangan revolusi industri 4.0, ada berbagai teknologi yang akan menjadi pilar utama yang berpengaruh besar terhadap kehidupan digitalisasi, diantaranya adalah Internet Of Things (Iot). Argumented Reality. Big Data. Cyber Security. Artificial Intelligence. Addictive Manufacturing.  Virtual Simulation. Cloud Computing. 

Turut hadir mendampingi Komandan Korps Marinir,  Irkormar Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lasmono, Para Asisten Dankormar serta mengikuti Pembekalan dari Ruang Tunggu Dosen Gedung R.E. Martadinata Seskoal yaitu Wakil Komandan Seskoal, Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si, Kapusjianmar Seskoal Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si dan Kaopsjar Seskoal Kolonel Laut (KH) Geger Jaka Kiswara, S.Pd., M.M.(litbangMPNI)


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151