Danramil Hadiri Pelatihan Penanggulangan Bahaya Kebakaran se-Kabupaten Purbalingga


Danramil Hadiri Pelatihan Penanggulangan Bahaya Kebakaran se-Kabupaten Purbalingga

wwwmediapadjajaran.com - PURBALINGGA--Danramil 01/Purbalingga Kapten Caj Purwanto menghadiri kegiatan Pelatihan Penanggulangan Bahaya Kebakaran bagi Anggota Satlinmas, Balakar dan Bela Negara se-Kabupaten Purbalingga. Kegiatan bertempat di Aula Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Selasa, (24/11/2020).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Forkopimcam Purbalingga, Kabid Damkar dan Kedaruratan Ari Wibowo, S.Sos, Babinsa Penambongan Serda Irfan Permana, perwakilan Damkar, Satlintas, Balakar dan Bela Negara. Dalam pelaksanaannya tetap sesuai dengan  protokol kesehatan yaitu memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan sebelum kegiatan dimulai.

Kabid Damkar dan Kedaruratan Ari Wibowo, S.Sos dalam sambutannya menjelaskan bahwa kebakaran itu bukanlah suatu musibah melainkan suatu risiko dari nyala api yang tidak kita inginkan, tidak terkendali dan dapat mengakibatkan kerugian baik harta, benda dan jiwa. 


”Adapun hal-hal yang harus diperhatikan bila terjadi suatu kebakaran yakni, langkah pertama dalam waktu 2 Menit kita harus tanggap dan mampu mendeteksi keberadaan kebakaran, baik itu dari percikan api, bau gosong, dan sebagainya. Kedua, 2,5 Menit berikutnya kita harus berupaya melakukan tindakan atau melakukan pemadaman. Bila ke-2 tahapan tersebut dilaksanakan dengan baik maka kebakaran besar tidak akan terjadi,” tegasnya.

Terkait dengan masalah kebakaran, menurut Kabid Damkar dan Kedaruratan ada beberapa hal yang harus diperhatikan bila terjadi kebakaran yaitu evakuai korban yang paling utama.

“Yang perlu diperhatikan dalam evakuasi adalah jangan panik, tutup pintu sebelum meninggalkan tempat kemudian beri tanda, jangan menggunakan lift, gunakan tangga darurat dan hindari penggunaan sepatu berhak tinggi,” imbuhnya.


Di tempat yang sama Danramil 01/Purbalingga Kapten Caj Purwanto turut mengatakan pelatihan ini sangatlah penting karena merupakan cara untuk meningkatkan dan memperbaiki kemampuan anggota  dalam mengatasi bahaya kebakaran. “Kami berharap dengan adanya pelatihan ini bisa menambah ilmu dan pengetahuan para peserta latihan, supaya dalam penanggulangan kebakaran benar-benar maksimal sehingga tidak sampai menimbulkan korban jiwa,” harapnya.

“Selamat kepada peserta latihan, ini adalah momen yang bagus serap ilmu pemberi materi agar benar-benar mampu mengatasi dengan benar apabila ada bahaya kebakaran,” pungkas Danramil.

(Pendim 0702/Purbalingga/litbangMPNI)


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151