DIBUKA OLEH ASPOTMAR KASAL, DANLANTAMAL X HADIRI DAWILHANLA SECARA VIRTUAL


DIBUKA OLEH ASPOTMAR KASAL, DANLANTAMAL X HADIRI DAWILHANLA SECARA VIRTUAL 

www.mediapadjajaran.com - Komandan Lantamal X Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho S.E.,M.M., di dampingi Aspotmar Danlantamal X melaksanakan VCon bersama Aspotmar Kasal bertempat ruang Pusat Komando dan Pengendali Lantamal X, Rabu, 18/11/2020.

Kadispotmar Kasal Brigjen TNI Nurri Andrianus Djatmika dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan berlangsung di Kampung Bahari Nusantara, sesuai dengan perintah KASAL pada saat panen raya di Tanjung Pasir.

Menurutnya setiap staf korwil harus memiliki satu tempat Kampung Bahari Nusantara 4 wilayah yang menjadi objek pada kegiatan Dawilhanla 2020 yaitu Lantamal I Belawan, Lanal Bandung, Lantamal X II Pontianak dan Lanal Balikpapan. Lebih lanjut dikatakannya bahwa ini merupakan embrio, merupakan percontohan untuk pembangunan Kampung Bahari Nusantara di seluruh wilayah Satkorwil di jajaran TNI Angkatan Laut.


Sementara itu Asisten Potensi Maritim Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Aspotmar Kasal) Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto saat membackan amanat KASAL Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam acara tersebut mengatakan pada acara puncak pemberdayaan wilayah pertahanan laut (Dawilhanla) pesisir tahun 2020 dengan tema "TNI Angkatan Laut menyelenggarakan program Dawilhanla 2020 di wilayah Belawan, Pangandaran, Pontianak dan Balikpapan guna terwujudnya penyiapan komponen cadangan dan komponen pendukung dalam rangka pertahanan negara.

Menurut KASAL  bahwa fungsi Dawilhanla merupakan salah satu tugas utama TNI Angkatan Laut yang disebutkan dalam undang-undang Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI dilaksanakan dalam rangka menyiapkan geografi, demografi dan kondisi sosial sebagai ruang alat dan kondisi juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan negara di laut dalam rangka mendukung sistem pertahanan rakyat semesta.


Lebih jauh KASAL menjelaskan diselenggarakan kegiatan ini dalam rangka inisiasi program dawilhanla terencana terpadu dan berkesinambungan yang telah dilaksanakan di wilayah Belawan, Pangandaran, Pontianak dan Balikpapan yang merupakan aktualisasi dari tugas utama serta kiprahnya dalam upaya percepatan pembangunan di wilayah pesisir,  peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat cadangan bela negara dan wawasan kebangsaan,m percepatan pembangunan daerah serta peningkatan ketahanan wilayah nasional.

KASAL pun berharap dengan terlaksananya program Dawilhanla dalam bentuk bakti TNI Angkatan Laut pada masyarakat ini dapat mempercepat proses pembangunan karakter bangsa serta memfasilitasi terciptanya hubungan lintas sektoral antara TNI Angkatan Laut dengan instan pemerintah.

Ada 5 aspek sebuah kampung pesisir bisa dijadikan Kampung Bahari Nusantara, yaitu Aspek Pertahanan, Aspek Ekonomi, Aspek Edukasi, Aspek Kesehatan, dan Aspek Pariwisata. Kegiatan Puncak Dawilhanla VCon ini menghadirkan demo memperagakan  penanggulangan bencana alam gempa bumi dan tsunami dari Korwil Pangandaran.(litbangMPNI)

(Sumber Dispen Lantamal X Jayapura).


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151