KENANG PERTEMPURAN LAUT ARU PRAJURIT KASUARI PERKASA IKUTI UPACARA DHARMA SAMUDERA TAHUN 2021

 

KENANG PERTEMPURAN LAUT ARU PRAJURIT KASUARI PERKASA IKUTI UPACARA DHARMA SAMUDERA TAHUN 2021

www.mediapadjajaran.com - Bertempat di geladak KRI Teluk Lada-521 yang bersandar di Dermaga Lantamal XIV Sorong, para prajurit TNI Angkatan Laut wilayah Sorong melaksanakan upacara dalam rangka memperingati hari Dharma Samudera tahun 2021 yang dipimpin langsung oleh Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III  Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr Han, dilaksanakan secara sederhana namun penuh hikmat. Jumat (15/01/2021)


Prajurit Kasuari Perkasa (sebutan Yonmarhanlan XIV Sorong) yang dikomandani Letkol Marinir Bejo Santoso, S.E., M.Tr Opsla sebagai bagian dari prajurit Matra Laut di wilayah Sorong turut mengikuti upacara yang sakral ini, yaitu Hari Dharma Samudera Tahun 2021.


Dalam amanat KASAL Laksamana TNI Yugo Margono, S.E., M.M. yang dibacakan Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr Han menyampaikan "Mendidihnya gelora darah Pejuang Laut Nusantara ini, tetap mengalir di tubuh prajurit Angkatan Laut Republik Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan. Berbagai pertempuran dan medan laga di laut telah banyak dilalui oleh Jalasena Kusuma Bangsa. Masa-masa kejayaan Corps Armada sampai kepada masa Dwikora dan Trikora, hingga puncaknya adalah lima puluh sembilan tahun silam, tepatnya 15 Januari 1962, Laut Arafuru telah menjadi saksi bisu pengorbanan perjuangan para Pahlawan Laut Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan, yang ditandai dengan seruan penuh semangat dan gagah berani oleh Komodor Yos Sudarso yaitu *Kobarkan Semangat Pertempuran!!!* yang mengiringi perlawanan RI Matjan Tutul menghadang Armada Belanda. Semangat bertempur dan pantang menyerah prajurit RI Matjan Tutul tersebut seolah tak pudar di hati para Prajurit Laut."


"Untuk itu, sudah sewajarnya dan sudah seharusnya kita menghargai dan Menjunjung tinggi semangat kepahlawanan para Kesatria Samudera Pembela Negara. Peringatan hari Dharma Samudera kali ini pada hakekatnya merupakan refleksi penghargaan yang tinggi kepada seluruh Pahlawan Samudera Nusantara yang telah mengorbankan jiwa dan raga guna merebut dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Turut hadir dalam upacara KS. Koarmada III, Ir Koarmada III Kapok Sahli Koarmada III, Danguskamla Koarmada III, Danpasmar 3, Danlantamal XIV serta para Asisten Pangkoarmada III, Pasmar 3 dan Lantamal XIV serta Ketua dan Pengurus Jalasenastri DJA III, Korcab Pasmar 3 dan Korcab XIV.(litbangMPNI)


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151