ASAH NALURI TEMPUR, PRAJURIT YONMARHANLAN IX/AMBON PASMAR 3 (SALAWAKU WARRIOR) LAKSANAKAN KETANGKASAN DASAR PRAJURIT

 

ASAH NALURI TEMPUR, PRAJURIT YONMARHANLAN IX/AMBON PASMAR 3 (SALAWAKU WARRIOR) LAKSANAKAN KETANGKASAN DASAR PRAJURIT

www.mediapadjajaran.com - Dalam rangka membina fisik dan ketangkasan, Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IX/Ambon Pasmar 3 bersama prajurit Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut  (Lantamal) IX melaksanakan kegiatan latihan ketangkasan dasar prajurit bertempat di kompleks Lantamal IX Desa Halong Kec. Baguala Kota Ambon. Rabu, (24/02/2021).


Kegiatan tersebut diikuti langsung oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) IX Laksma TNI Eko Jokowiyono, S.E., M.Si., sehingga menambah moril dan semangat para prajurit Lantamal IX dan prajurit Yonmarhanlan IX dalam pelaksanaan latihan. Sebelum pelaksanaan kegiatan, Perwira Seksi Operasi (Pasiops) Yonmarhanlan IX Kapten Mar Patrick Pattiasina memberikan penjelasan maket rute yang harus dilalui oleh seluruh prajurit dan menempuh jarak  kurang lebih sejauh 6 Km.

Dalam latihan ketangkasan dasar prajurit ini terbagi dalam 11 tim, yang disimulasikan akan menyampaikan berita bantuan tenaga medis kepada Komando atas, maka prajurit Lantamal IX dan prajurit Yonmarhanlan IX yang sudah terbagi beberapa tim melaksanakan perjalanan dengan resiko tinggi dan penuh waspada.


Disela-sela  perjalanan, peserta latihan akan mendapat problem pengenalan senjata pistol dan penggunaannya secara baik dan aman, pada kesempatan itu juga prajurit bisa merasakan latihan menembak pistol, dimana terlebih dahulu para pelatih akan memberikan teori dasar singkat tentang pengenalan pistol dan faktor keselamatan serta keamanan dalam penggunaan senjata pistol.


Selanjutnya para prajurit melaksanakan problem dayung perahu karet sejauh 200 Meter di Dermaga Beaching Lantamal IX dan sebelum memasuki finish seluruh tim harus menyelesaikan problem serangan dengan mengingatkan kembali juklak dan juknis taktik dasar serangan.

Adapun tujuan latihan ketangkasan dasar ini adalah untuk melatih naluri tempur para prajurit Lantamal IX dan prajurit Yonmarhanlan IX tentang bagaimana memanuverkan prajurit dalam menghadapi gangguan musuh dan semua gangguan yang dilalui akan dinilai prosedurnya dalam penggunaan taktik dasar tempur selama perjalanan oleh tim pelatih.


Keluar sebagai tim terbaik adalah tim merah I sebagai juara pertama dengan nilai 337, tim biru II menjadi juara kedua dengan nilai 321 dan juara ketiga diraih oleh tim kuning I dengan nilai 303, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Turut serta dalam kegiatan tersebut Danlantamal IX, Wadan Lantamal IX, Para Asisten Danlantamal IX, Para Kasatker Lantamal IX, Danyonmarhanlan IX.(litbangMPNI)


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151