Babinsa Senaning Dampingi Peninjauan Rehabilitas Hutan dan Lahan (RHL)

 

Babinsa Senaning Dampingi Peninjauan Rehabilitas  Hutan dan Lahan (RHL)

www.mediapadjajaran.com - SINTANG – Babinsa Koramil 1205-05/Senaning, dampingi peninjauan Rehabilitas Hutan dan Lahan (RHL), oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Balai  Pengelolaan daerah aliran sungai dan hutan lindung Kapuas, di Desa Nanga Bayan, Kec. Ketungau Hulu, Kab. Sintang, Kamis (01/04/2021).


Babinsa Senaning, Koptu Agusniadi mengatakan, “kegiatan tersebut adalah  program Perhutanan Sosial untuk memberikan akses legal kepada masyarakat untuk mengelola sumber daya hutan, pemberian akses ini dilatarbelakangi oleh keharusan masyarakat untuk memiliki asas hukum yang kuat dalam pengelolaan hutan”.


Lanjutnya, salah satu upaya menekan laju deforestasi melalui rehabilitasi hutan, yaitu Rehabilitasi didalam dan diluar kawasan hutan yang selanjutnya disingkat RHL adalah upaya untuk memulihkan, mempertahankan dan meningkatkan fungsi hutan dan lahan sehingga daya dukung, produktivitas dan peranannya dalam mendukung sistem penyangga kehidupan tetap terjaga.

Tujuan penyelenggaraan RHL adalah menurunnya degradasi hutan dan lahan serta memulihkan lahan-lahan rusak/kritis agar dapat berfungsi sebagai media produksi dan media tata air, ujar Babinsa 

Harapan saya, akses tersebut akan mampu juga menjadi akses pembiayaan bagi masyarakat setempat yang telah diberi kepercayaan untuk mengembangkan hutan mereka agar menghasilkan sesuatu yang bernilai.

Secara umum Kec. Ketungau Hulu mempunyai lokasi-lokasi yang strategis dikembangkan untuk wisata alam, serta mampu memberikan akses perekonomian kepada masyarakat, tutupnya(litbangMPNI)


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151