KRI Sultan Iskandar Muda 367 Sambangi Turki

 

KRI Sultan Iskandar Muda 367 Sambangi Turki

www.mediapadjajaran.com - (Puspen TNI). Setelah berpatroli selama satu bulan, KRI Sultan Iskandar Muda- 367 (SIM) sandar di Mersin International Port, Turki dan disambut oleh Atase Pertahanan RI untuk Turki Kolonel Inf Sjaiful Thalib, S.H., M.Si. (08/06).

Pada kesempatan ini para awak kapal akan berbelanja kebutuhan logistik berupa bahan makanan, bahan bakar dan berbelanja spare parts untuk memenuhi stok departemen mesin.  


Selama berada di Mersin, para anak buah kapal (abk) diberikan kesempatan untuk melaksanakan pesiar secara terpimpin. Bagi para pembaca yang belum mengetahui, hanya di kalangan TNI/Polri saja istilah "pesiar" digunakan.

Pesiar adalah kegiatan yang dilakukan oleh abk saat kapal berlabuh atau sandar di dermaga. Biasanya kegiatan pesiar diisi dengan tamasya, berolahraga, bermain musik hingga berkomunikasi dengan keluarga. Tak jarang, di situasi pandemi abk lebih memilih tidur di kapal untuk mengisi waktu pesiarnya.


Penggunaan terminologi unik sudah menjadi tradisi angkatan laut sedunia, bukan hanya TNI AL. Semangat "persaudaraan pelaut" atau secara luas dikenal dengan "seamen brotherhood"lah yang sedikit banyak berpengaruh pada gaya penamaan unik tersebut.


Sebelum bersandar di dermaga, Komandan KRI SIM, Letkol Laut (P) Abdul Haris berulangkali menekankan kepada anak buah kapalnya agar selalu mematuhi protokol covid-19. "Sekali lagi saya tekanan kewajiban kalian untuk patuh pada protokol kesehatan." ujar Haris."Kita memang sudah divaksin, tetapi kita harus tetap jalani prokes. Perkuat diri kita dengan prokes!" imbuhnya.


Hal ini sejalan dengan perintah Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., agar dalam bertugas setiap prajurit harus mematuhi protokol kesehatan dan melaksanakannya dengan sungguh-sungguh, demi kesehatan diri dan pasukan.

Sebelum meninggalkan kapal, Kolonel Inf Sjaiful Thalib yang datang bersama rombongan sempat membicarakan beberapa hal penting bersama Dansatgas MTF TNI Letkol Laut (P) Abdul Haris.(litbangMPNI)


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151