Pertajam Taktik Dan Tehnik Bertempur, Marinir Indonesia Dan Marinir Amerika Berlatih CQB

 

Pertajam Taktik Dan Tehnik Bertempur, Marinir Indonesia Dan Marinir Amerika Berlatih CQB

www.mediapadjajaran.com - Dispen Kormar (Situbondo). Dalam rangka mempertajam taktik dan tehnik bertempur, Prajurit Intai Amfibi Korps Marinir TNI AL bersama dengan United States Marines Corps (USMC) Reconnaissance Unit yang tergabung dalam latihan bersama Reconex 21-II melaksanakan latihan Close Quarter Battle (CQB) atau pertempuran jarak dekat (PJD) di Pusat Latihan Pertempuran Marinir 5 Baluran, Situbondo, Jawa Timur. Selasa (08/06/2021).


Medan pertempuran di era modern ini lebih cenderung terjadi di perkotaan dan daerah-daerah yang padat penduduk dimana bangunan-bangunan menjadi unsur utama dalam pertempuran tersebut. Dalam rangka menghadapi tantangan tersebut maka dibutuhkan kemampuan untuk bertempur jarak dekat dalam ruangan atau lebih di kenal dengan Close Quarter Battle (CQB).


Dalam kesempatan Latihan bersama dengan sandi Reconnex 21-II kali ini personel Batalyon Intai Amfibi Korps Marinir saling bertukar ilmu, teknik dan taktik pertempuran jarak dekat dengan personel USMC Reconnaissance Unit.


Latihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan reflek perorangan maupun tim dalam bertempur jarak dekat dalam ruangan sehingga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan prajurit Batalyon Intai Amfibi dalam menghadapi tantangan tugas ke depan.


Letkol Marinir Supriyono selaku Komadan Satgas Latihan mengatakan, CQB merupakan pertempuran yang dilakukan pada jarak dekat atau didalam ruangan yang bersifat agresif, dadakan, surprise dan selektif fire. Kecepatan, kekerasan, dan daya kejut yang luar biasa menjadi modal utama disetiap melaksanakan pertempuran jarak dekat.


“Latihan ini merupakan rangkaian latihan Reconex 21-II dalam rangka meningkatkan kemampuan tempur perorangan maupun kelompok melalui kerjasama tim yang wajib dimiliki oleh prajurit kedua negara, karena dalam pelaksanaan sebenarnya kemampuan yang seperti ini sangat dibutuhkan dalam melaksanakan pembebasan sandera di dalam operasi sesungguhnya sesuai perintah Satuan atas nantinya”, ujar Letkol Marinir Supriyono.(litbangMPNI)


Sumber Berita Dispen Kormar


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151