Panglima TNI Sidak Rumkitlap TNI AD, AL dan AU di Jakarta

 

Panglima TNI Sidak Rumkitlap TNI AD, AL dan AU di Jakarta

www.mediapadjajaran.com - (Puspen TNI). Dalam membantu program pemerintah untuk menekan lonjakan Covid-19 yang melanda dunia khususnya di Indonesia, TNI membantu dan menyiapkan Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) dengan 770 tempat tidur sebagai sarana isolasi yang terpapar Covid-19 di Jakarta.

Selesai melaksanakan peninjauan serbuan vaksinasi dan Pos penyekatan PPKM Darurat di Surabaya dan Sidoarjo Jawa Timur serta Solo Jawa Tengah, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M., melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) kesiapan Rumkitlap Mobile Field Hospital setingkat Batalyon yang dibangun Yonkes-1/Divif 1 Kostrad berkapasitas 120 tempat tidur di RSPAD Gatot Soebroto, Jumat (9/7/2021)


Kedatangan Panglima TNI disambut oleh Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Andika Perkasa yang juga langsung memberikan keterangan terkait Rumkitlap yang dibangun oleh Yonkes-1/Divif 1 Kostrad di area RSPAD Gatot Soebroto.


Dalam kesempatan tersebut, Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa menjelaskan bahwa Rumkitlap yang ada harus menempel dengan rumah sakit, karena saat ini kasusnya berbeda dengan di Mamuju saat menangani korban gempa bumi. “Saat ini semua rumah sakit kekurangan Dokter, kalau hanya OTG saja mereka hanya bisa isolasi mandiri di rumah masing-masing dan dengan menempelnya Rumkitlap RSPAD Gatot Soebroto, maka sekarang kita punya 60 dokter umum yang bisa dibagi menjadi 3 shift,” jelasnya.

Lebih lanjut Kasad menyampaikan bahwa kemampuan Rumkitlap RSGS memiliki 120 tempat tidur kemudian ruang ICU satu, ruang operasi 1, dekontaminasi, sterilisasi, dapur sendiri dan toilet serta laundry sendiri. 


Pada kesempatan yang sama, Panglima TNI mengatakan bahwa kalau Rumkitlap harus ditempat lain, permasalahannya adalah Nakes, Alkes termasuk kebutuhan lainnya. “Seperti Angkatan Laut dan Angkatan Udara juga seperti itu. Angkatan Udara di RS dr. Esnawan Antariksa, sedangkan Angkatan Laut nempel di rumah sakit Mintohardjo, Kostrad Divisi 2 nempel di Soepraoen, ini juga nempel di RSGS. Jadi sudah pas untuk kondisi saat ini,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Panglima TNI melakukan peninjauan Rumkitlap Yonkes-1 Marinir Cilandak, Selasa (6/7/2021) yang sudah memiliki gedung isolasi Covid-19 yang berada di Lanmar Jakarta Gedung Dolos yang sebetulnya berkapasitas 300 tempat tidur, kini sudah ditambah dengan kapasitas 400 tempat tidur termasuk 8 ruangan bertekanan negatif (hepafilter) dengan 25 Nakes dan Rumah Sakit Lapangan Brigif-1 Marinir yang sebelumnya berkapasitas 100 tempat tidur dengan 25 Nakes, kini sudah memiliki kapasitas 150 tempat tidur. Jumlah Rumkitlap TNI AL saat ini menyiapkan 550 tempat tidur.

Rumkitlap yang digelar oleh Batalyon Kesehatan-1 Marinir ini terdiri dari ruang perawatan pria dan wanita. Masing-masing berkapasitas 20 orang dan terdapat 1 ruangan ICU (Intensive Care Unit) yang dapat dioperasikan setiap saat. 

Sementara itu, Panglima TNI pada Rabu (7/7/2021) telah meninjau secara langsung penyiapan Rumkitlap yang digelar oleh RSAU dr. Esnawan Antariksa di Halim Perdanakusuma. Rumkitlap RSAU dr. Esnawan Antariksa saat ini menyiapkan 20 tempat tidur yang telah terisi semua dan akan di bantu penambahan tempat tidur serta tenda RS Lapangan dari BNPB sehingga total nantinya dapat merawat pasien sejumlah 100 tempat tidur.(litbangMPNI)


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151