Danpasmar 2 Tinjau Tempat Pengolahan Pupuk Marinir Yonif 3 Marinir

 

Danpasmar 2 Tinjau Tempat Pengolahan Pupuk Marinir Yonif 3 Marinir

www.mediapadjajaran.com - Dispen Kormar (Sidoarjo). Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Suherlan, S.E., M.M., M.Sc., CHRMP meninjau lokasi pengolahan Pupuk Marinir (PUMAR) di Yonif 3 Marinir, Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur. Kamis (14/10/2021).


Dalam peninjauannya Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Suherlan, S.E., M.M., M.Sc., CHRMP didampingi oleh Danbrigif 2 Marinir Kolonel Marinir Rudi Harto Marpaung, para Asisten Danpasmar 2, Dansatlak Brigif 2 Marinir dan  seluruh Perwira Staf Brigif 2 Mar. 


Komandan Pasmar 2 mendapatkan Penjelasan dari Lettu Marinir Darmadi tentang  Proses pengolahan sampah daun menjadi pupuk organik diawali dengan pemilahan sampah. Sampah daun dikumpulkan kemudian disiram dengan air yang dicampur dengan cairan Mikro Organisme Lokal (MOL) dan ditaruh di Windro kemudian didiamkan selama kurang lebih tiga hingga empat bulan (dalam kondisi lembab).


Setelah didiamkan selama tiga hingga empat bulan, sampah organik yang sudah melewati proses Windro kemudian dicacah dengan menggunakan mesin pencacah sampai halus. Setelah halus, kemudian disiram nutrisi sampai lembab dan sudah menjadi pupuk organik.


Dalam kesempatan tersebut Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Suherlan, S.E., M.M., M.Sc., CHRMP mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan yang dilakukan prajurit Yonif 3 Marinir dengan melaksanakan pengolahan sampah daun menjadi pupuk kompos “PUMAR”, sehingga dapat bermanfaat sekaligus bisa bernilai ekonomis dengan menjualnya, selain itu juga dapat mengurangi sampah daun yang ada di lingkungan Brigif 2 Marinir, sehingga lingkungan bisa menjadi bersih, nyaman dan asri. (litbangMPNI)

Sumber Berita Dispen Kormar


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151