Prajurit Yonmarhanlan XIII Ikut Meriahkan Acara Navy Night Festival Budaya Kalimantan Utara di Mako Lantamal XIII Tarakan

 

Prajurit Yonmarhanlan XIII Ikut Meriahkan Acara Navy Night Festival Budaya Kalimantan Utara di Mako Lantamal XIII Tarakan

www.mediapadjajaran.com - Dispen Kormar (Tarakan) Prajurit Yonmarhanlan XIII ikut berpartisipasi meriahkan Puncak Acara Hari Armada Republik Indonesia tahun 2021, bertajuk Navy Night Festival Budaya Kalimantan Utara yang digelar di Mako  Lantamal XIII Tarakan, Kalimantan Utara. Sabtu (11/12/2021) malam.


Kegiatan yang menghadirkan Ratusan seniman dari Kalimantan Utara tampil memukau membawakan tarian adat Dayak, Tidung dan akulturasi budaya di Kalimantan Utara tersebut diawali sambutan Danlantamal XIII Tarakan Laksma TNI Edi Krisna Murti, yang mana disampaikan Festival Budaya tersebut tidak menonjolkan salah satu etnis budaya tertentu, terlalu sempit panggung ini untuk menampilkan kekayaan budaya Kaliantan Utara. “Satu pesan terpenting dalam rangkaian tari ini, bahwa keberagaman dapat berjalan selaras berdampingan dalam bingkai Bhineka Tunggal Eka,” jelasnya.


Disampaikan juga bahwa Festival Budaya yang diprakarsai Lantamal XIII Tarakan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan keanekaragaman budaya di Kalimantan Utara serta memperkuat sinergitas TNI AL melalui Lantamal XIII dengan instansi pemerintah, mulai dari Forkopimda hingga masyarakat. 


Acara dibuka dengan penampilan seniman membawakan doa mantra yang menggambarkan suku Dayak bertata cara dalam doa. Kolaborasi Sape dengan alat musik lainnya, menggema mengiringi penampilan tarian Punan Leto, Manuk Isit, Arang Busak Baku, Bangen Tawai, Iluk Pagun Benayuk, Iluk Sedungan, Bejiu Syafor, Ulin Lingkuda, Spirit Of Intimung, hingga Jepin Pagun. Tarian dirangkai dalam sebuah cerita yang menggambarkan perjalanan dari masa ke masa peradaban Dayak pedalaman dan pesisir yang berakulturasi dengan budaya lain Nusantara.


Sementara itu, Danyonmarhanlan XIII Mayor Marinir Roni Saputra, M.Tr.Opsla menyampaikan partisipasi prajurit Yonmarhanlan XIII dalam acara Navy Night Fertival merupakan tugas mulia yang diberikan oleh Lantamal XIII maka dari itu  harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Kegiatan berjalan aman dan lancar dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.(Litbang MPNI)


Sumber Berita Dispen Kormar


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151