“Kopassus 1st National Indoor Skydiving Championship 2022”.

“Kopassus 1st National Indoor Skydiving Championship 2022”.

www.mediapadjajaran.com - Atas Prakarsa Kopassus dan Komite Terjun Payung FASI, maka pada tanggal 20 s.d. 22 Mei 2022 telah dilaksanakan Kejuaraan Indoor Skydiving pertama di Indonesia dengan nama “Kopassus 1st National Indoor Skydiving Championship 2022”. Kejuaraan ini juga merupakan kejuaraan indoor skydiving kedua se-Asia.

Penyelenggaraan event tersebut mendapat apresiasi yang luar biasa dari Ketua KONI, Sekjen FASI, Ketua Komite Terjun Payung FASI dan seluruh pencinta olah raga terjun payung di Tanah Air yang terdiri dari TNI, Polri dan Club Terjun Payung se-Nusantara. Ketua Komite Terjun Payung FASI (Bapak Irfan) menyampaikan bahwa walaupun pertama di Indonesia, namun pelaksanaan Kopassus 1st Indoor Skydiving Championship dinilai melibihi ekpektasi kami. Selama beliau mengikuti event terjun payung nasional dan internasional, acara ini adalah yang paling meriah. Beliau berani untuk menyelenggarakan event Internasional, jika metode dan proses pelaksanaannya seperti ini, ungkapnya.

Perlombaan yang berlangsung selama tiga hari tersebut dibuka oleh Danpusdiklat Passus dan ditutup oleh Danjen Kopassus pada tanggal 22 Mei 2022. Kegiatan upacara pembukaan dan penutupan dihadiri oleh Para Pejabat KONI, FASI dan Komite Terjun Payung FASI Pusat sampai daerah. Kegiatan ini juga dihadiri Ketua DPRD Jawa Barat, Para Pejabat Daerah serta Para Komandan Satuan dari Jajaran Kopassus, Kostrad, Pejabat Divisi Kostrad, Korp Marinir, Denjaka TNI AL, Mabes TNI AU, Kopasgat TNI AU, Sat Bravo, serta Pejabat Kewilayahan di area Kodam III/SLW.  

Total peserta yang ikut berlomba adalah 49 Tim. Hal ini melebihi ekpektasi awal yaitu hanya 37 Tim dihadapkan kepada terbatasnya waktu pelaksanaan lomba yang hanya 3 hari untuk melaksanakan lomba sebanyak 7 Babak, ungkap Koordinator Umum.

Para peserta tersebut dibagi dalam 5 kategori; yaitu 2-way FS basic-intermediate putri, 2-way FS basic-intermediate putra, 2-way FS basic-intermediate putri; 2-way FS advance; 4-way FS basic-intermediate; dan, 4-way FS advance. Namun, pada akhir penutupan, Panitia menambahkan 1 kategori yaitu Kategori Favorit. Para peterjun berjuang memperebutkan medali, piala, sertifikat, Piagam Perhargaan, serta uang pembinaan sejumlah Rp 125,5 juta. 

Walaupun hasil secara umum didominasi oleh para peterjun Kopassus, Brigif-18 Para Raider/Trisula Kostrad dan Kopasgat, namun kemenangan bukanlah menjadi tujuan utama. Para peserta sangat antusias dan ceria dapat berkumpul dalam event yang menantang setelah beberapa tahun menhadapi penyebaran Covid 19.

Danjen Kopassus menyampaikan terimakasih kepada semua pihak atas terselenggaranya event ini. Beliau juga menyampaikan bahwa event ini telah mencapai tujuan yang diharapkan, yaitu: memeriahkan HUT Kopassus ke-70; mensosialisasikan Olah Raga Indoor Skydiving, serta meningkatkan kemampuan atlet-atlet Formation Skydive Indonesia, serta menemukan bibit-bibit baru. Beliau sangat terkesan dengan adanya peserta 2-way FS yang baru berumur 8 tahun. 

Acara yang cukup meriah ini didukung oleh beberapa sponsor. Diantaranya pihak yang menjadi sponsor adalah PT. Artha Graha Network (Grup) dan PT. Petrosea TBK. Acara ini juga disponsori oleh PT. Telkomsel dan PT. Abyro Multitekno Cemerlang, dan didukung oleh Cartenz Tactical, PT. Dell Sapphire International, PT. Indonesia Asahan Alumunium dan Bank Negara Indonesia.

Besar harapan kami melalui event ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kopassus yang ke 70, rasa bangga dan cinta terhadap Kopassus tidak hanya dirasakan oleh prajurit Kopassus itu sendiri namun dirasakan juga oleh semua warga negara Indonesia sesuai dengan motto HUT Kopassus ke 70 yaitu “KOPASSUS KU, KOPASSUS KITA, KOPASSUS INDONESIA” ungkap Danjen Kopassus.(Litbang MPNI)


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151