Prajurit Yonbekpal 1 Marinir Laksanakan Orientasi Medan Latihan di Pusat Latihan Pertempuran 6 Antralina Sukabumi

 

Prajurit Yonbekpal 1 Marinir Laksanakan Orientasi Medan Latihan di Pusat Latihan Pertempuran 6 Antralina Sukabumi

www.mediapadjajaran.com - Dalam rangka menindaklanjuti perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono tentang membangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional, serta tangguh menghadapi segala ancaman, Prajurit Batalyon Perbekalan dan Peralatan 1 Marinir (Yonbekpal 1 Mar) melaksanakan orientasi medan latihan dalam rangka Latihan Satuan Dasar (LSD) II, TW II di daerah Pusat Latihan Pertempuran (PLP) 6 Antralina, Jampang Tengah, Sukabumi Jawa Barat. Sabtu (25/05/2022).


Kegiatan orientasi medan tersebut diawali dengan briefing dan pengarahan oleh Wakil Perwira Seksi Operasi (Wapasiops) Yonbekpal 1 Mar Kapten Marinir Suyanto. Kegiatan orientasi merupakan prosedur awal sebelum melaksanakan suatu latihan, yang mana nantinya dapat menjadi gambaran untuk para pelaku agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan mencapai hasil yang maksimal.


Orientasi medan adalah menyamakan kedudukan peta dengan medan sebenarnya (secara praktis, menyamakan Utara Peta dengan Utara sebenarnya). Untuk keperluan orientasi ini, kita perlu mengenal tanda-tanda medan yang ada di lokasi. Ini bisa dilakukan dengan menanyakan kepada penduduk setempat nama-nama gunung, bukit, sungai, ataupun tanda-tanda medan lainnya. Atau dengan mengamati kondisi bentang alam yang terlihat dan mencocokkan dengan gambaran kontur yang ada di peta. 


Komandan Batalyon Bekpal 1 Marinir Letkol Marinir Budi Cahyono, M.Tr. Opsla., menyampaikan kepada unsur penyelenggara dan pelaku latihan agar mempersiapkan segala sesuatu nya dengan maksimal sehingga dalam pelaksanaan kegiatan latihan aman, tertip dan lancar dengan harapan seluruh prajurit "Turangga Cakti" bisa menyerap semua materi latihan dengan baik, sehingga nantinya bisa mengaplikasikan di medan penugasan yang sesungguhnya.(Litbang MPNI)


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151