Asops Danpasmar 2 Hadiri Penyambutan Satgas Latma Rimpac 2022


 Asops Danpasmar 2 Hadiri Penyambutan Satgas Latma Rimpac 2022

www.mediapadjajaran.com - Dispen Kormar (Surabaya). Komandan Korps Marinir (Dankormar) yang di wakili Asisten Operasi Komandan Pasmar 2 (Asops Danpasmar 2) Letkol Marinir Argo Setiyono menghadiri penyambutan Prajurit TNI AL yang tergabung dalam Satgas Latihan Bersama Multilateral Rim of The Pacific (Latma Rimpac) 2022 di Hawaii Amerika Serikat, di Geladak Helly KRI I Gusti Ngurah Rai-332 yang bersandar di Dermaga Madura Koarmada II, Ujung Surabaya. Jumat (26/08/2022).

 

Penyambutan Satgas Latma Rimpac 2022 dipimpin Kepala Staf Koarmada II Laksamana Pertama TNI Andi Abdul Aziz mewakili Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Dr. T.S.N.B. Hutabarat, di hadiri para pejabat Utama Koarmada II. Satgas Latma Rimpac 2022 yang di Komandani Kolonel Laut (P) Lewis N. Nainggolan ini sukses melaksanakan latihan meliputi Miscex, Casex, Rasex, Raidex, Surfex, Gunex, MIO, Msoex, Wasex, Taswex, Live Fire, Photoex, RAS, dan Free Play. 

 

Sedangkan Unsur Tugas (UT) Marinir melaksanakan pengamanan Landing Zone Dove Sector A latihan serangan amfibi di Pyramid Rock beach, Marine Corps Base Hawaii (MCBH), yang merupakan puncak pelaksanaan Latma Rimpac 2022. Skema penyerangan UT Marinir dilakukan dengan menggunakan Heli MV 22 Osprey yang diterbangkan dari kapal USS Essex. Selama Latma Rimpac 2022, UT Marinir yang dikomandani oleh Mayor Mar Achmad Toripin juga berhasil melaksanakan latihan meliputi Serangan Amfibi, Pertempuran Kota, Squad/Platoon Attack, Small Boat Operation, Air Assault, dan Jungle Operation. 

 

Sebanyak 26 negara, 38 kapal perang, 4 kapal selam, lebih dari 170 pesawat tempur dan 25.000 personel dari berbagai negara berpartisipasi dalam Latma RIMPAC 2022 yang dilaksanakan pada 29 Juni sampai 4 Agustus 2022 di kepulauan Hawaii. Pada latihan RIMPAC yang ke-28 ini, TNI AL mengirimkan KRI I Gusti Ngurah Rai-332 dan 35 prajurit Marinir.

 

Pada kesempatan tersebut, Pangkoarmada II dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Staf Koarmada II mengucapkan selamat datang dan rasa bangga kepada seluruh Prajurit TNI AL yang terbagung dalam Latma Rimpac tahun 2022, ini merupakan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa atas keberhasilan Latma Rimpac tahun 2022.

 

“Keikutsertaan TNI AL dalam Latma Rimpac untuk kesekian kalinya merupakan bentuk pengakuan dunia terhadap kemampuan dan eksistensi TNI AL. Kesempatan latihan bersama tersebut merupakan wahana untuk menunjukkan kemampuan individu dan tim, serta dijadikan parameter terhadap hasil pembinaan yang telah dilaksanakan. 

 

Apa yang diperoleh selama melaksanakan operasi dan latihan, dapat menambah wawasan, pengalaman dan meningkatkan profesionalisme serta dapat dijadikan bekal guna menghadapi tugas-tugas lain di masa yang akan datang, ini juga dapat menjadi motivasi bagi seluruh prajurit dalam mengemban misi-misi selanjutnya”, pesan Pangkoarmada II.(Litbang MPNI)


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151