GM FKPPI Jember Bersama kodim 0824 Gelar Peringatan 70 Tahun Palagan Jumerto


GM FKPPI Jember Bersama kodim 0824 Gelar Peringatan 70 Tahun Palagan Jumerto

JEMBER – Palagan adalah tempat pertempuran sehingga Palagan Jumerto merupakan tempat pertempuran sengit para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan dari gempuran NICA yang diboncengi oleh Belanda yang ingin menjajah kembali Indonesia pada yang terjadi pada 11/02/1949, peristiwa itulah yang menjadi inspirasi Generasi Muda Forum Putra Putri Purnawirawan TNI-Polri (GM FKPPI) Jember dengan Kodim 0824 Jember dalam kegiatan  pada Sabtu 16/02/2019 Pukul 07.00 Wib.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Staf Kodim 0824 Mayor Inf Sampak mewakili Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar yang berhalangan hadir karena ada kegiatan dinas ke Pasuruan, Perwakilan dari Brigif Raider 9/K  Kapten Inf Hartono, 5 orang personel Koramil 0824/01 Patrang, Para Ketua dan pengurus organisasi Keluarga Besar TNI (KBT), Ketua GM FKPPI Jember Bambang Sugihono beserta 150 orang anggotanya.

Kegiatan tersebut juga menghadirkan Pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri 1 (SMAN 1) Pakusari 70 orang siswa. Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 (SMPN 1) Silo 60 orang siswa dan 150 orang siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Jumerto.

Kegiatan yang dilaksanakan diawali dengan ziarah di Palagan Jumerto dipimpin oleh Mayor Inf Sampak ditandai dengan penghormatan kepada arwah pahlawan dan peletakan karangan bunga.
Selanjutnya Drama Kolosal Palagan Jumerto, yang dimainkan  teater Gunung Sepikul dari siswa-siswi SMAN Pakusari dan SMPN 1 Silo yang mengisahkan terjadinya pertempuran di Palagan Jumerto tersebut. 

Disisi lain juga dilakukan aksi sosial donor darah oleh PMI Unit Tranfusi Jember, yang kesemuanya diinisiasi oleh GM FKPPI Jember.
Dalam Wawancaranya Ketua GM FKPPI Jember mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan wujud penghormatan kita kepada jasa-jasa para pahlawan, yang berjuqng dan gugur mempertahankan kemerdekaan Indonesia di Palagan Jumerto ini.

Demikian halnya Kepala Staf Kodim 0824 Mewakili Komandan Kodim 0824 yang menyampaikan bahwa Komandan Kodim sangat mendukung kegiatan ini, bahkan nilai-nilai perjuangan para pahlawan baik yang berjuang merebut kemerdekaan maupun yang mempertahankan kemerdekaan harus mampu kita implementasikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kita sangat apresiasi kreatifitas yang dilakukan dalam memperingati peristiwa bersejarah seperti ini, sebagai pewaris nilai-nilai perjuangan kita wajib melestarikan dan meneruskan dari generasi ke generasi, jangan sampai melupakan sejarah perjuangan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang kita nikmati saat ini. Tegas Kepala Staf Kodim 0824. (Siawandi/litbangMPNI)

0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151