Prajurit Kostrad di Puncak Jaya, Bantu Persalinan Ibu Abigael Dengan Selamat Berkat Kesigapan Prajurit bersama Tenaga Medis


Prajurit Kostrad di Puncak Jaya, Bantu Persalinan Ibu Abigael Dengan Selamat Berkat Kesigapan Prajurit bersama Tenaga Medis

JAKARTA, tniad.mil.id – Prajurit Yonif Mekanis Raider 412/Kostrad dari Pos Sanoba membantu evakuasi seorang ibu hamil, Abigael Talenggen (38) yang akan melahirkan ke Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Puncak Jaya, di Kota Mulia.

Tersebut disampaikan Dansatgas Yonif MR 412/Kostrad, Letkol Inf Eko Bintara saktiawan dalam rilis tertulisnya, di Papua, Sabtu (23/2/2019).


Dijelaskan Dansatgas, setelah menerima laporan dari Pos Sanoba bahwa ada sejumlah masyarakat dari Distrik Gurage mendatangi Pos Sanoba untuk meminta bantuan untuk mengevakuasi seorang ibu yang hendak melahirkan pada Jumat (22/2/2019) malam, dirinya segera memerintahkan tim kesehatan yang dipimpin dokter Satgas Pamrahwan Yonif Mekanis Raider 412/ Kostrad, Letda Ckm dr. Rio Putra untuk bereaksi cepat melakukan koordinasi pendahuluan dengan pihak Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Puncak Jaya.

“Setibanya di rumah Abigael Talenggen, Dokter Satgas melakukan pemeriksaan singkat dan memutuskan untuk segera mengevakuasi pasien agar segera mendapatkan persalinan yang lebih memadai,”ujarnya.

“Karena keterbatasan peralatan medis, Tim Kesehatan Lapangan (Keslap) di Pos tidak mampu menangani kasus seperti ini, sehingga kami (Satgas) segera berkoordinasi dengan pihak Rumah Sakit Kabupaten untuk segera megevakuasi pasien,” ucap Eko.

Menurut Eko, karena keterbatasan ketersediaan tenaga kesehatan sipil di Kabupaten Puncak Jaya dan tingginya tingkat kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan, tim kesehatan reaksi cepat Yonif MR 412/Kostrad pun bekerjasama dengan tenaga medis Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Puncak Jaya untuk segera melaksanakan penanganan.

“Alhamdulillah, berkat kesigapan prajurit bersama tenaga medis Rumah Sakit, Abigael Talenggen bisa melahirkan dengan selamat,”tuturnya.

Di tempat yang sama Humas RSUD Puncak Jaya, Aryani S. Kep., mengatakan, tim kesehatan reaksi cepat Satgas 412/Kostrad begitu membantu tenaga kesehatan memberi pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.(litbangMPNI)

0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151