*SINERGITAS BABINSA KODIM 1709/YAWA, POLRI, PEMDA DAN MASYARAKAT DALAM KEGIATAN JUMAT BERSIH PADA HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL TAHUN 2019*



*SINERGITAS BABINSA KODIM 1709/YAWA, POLRI, PEMDA DAN MASYARAKAT DALAM KEGIATAN JUMAT BERSIH PADA HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL TAHUN 2019*

Yapen-Waropen, *Hari Peduli Sampah Nasional diperingati setiap tanggal 21 Februari, peringatan ini diadakan untuk mengenang peristiwa di Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat pada 21 Februari 2005*, di mana sampah dapat menjadi mesin pembunuh yang merenggut nyawa lebih dari 100 jiwa. Untuk itu, Babinsa Kodim 1709/Yawa bersama Polres Kep. Yapen, Polres Kab. Waropen, Pemda Kab. Kep. Yapen, Pemda Kab. Waropen dan seluruh elemen masyarakat melaksanakan Jumat Bersih untuk membersihkan sampah-sampah yang ada di wilayah Kab. Kep. Yapen dan Kab. Waropen, Jumat (22/02/2019).


Sampah menjadi persoalan yang dihadapi masyarakat global. National Geographic melaporkan masing-masing kota di dunia setidaknya menghasilkan sampah hingga 1,3 miliar ton setiap tahun. Diperkirakan oleh Bank Dunia, pada tahun 2025, jumlah ini bertambah hingga 2,2 miliar ton. Indonesia berada di peringkat kedua di dunia penyumbang sampah plastik ke laut setelah Tiongkok dan dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa *fakta tentang sampah nasional pun sudah cukup meresahkan kita semua*, ujar Dandim 1709/Yawa.


Kondisi yang lebih memprihatinkan muncul bila ada orang yang memiliki perilaku negatif, *membuang sampah sembarangan, sampah terlihat menyumbat got, terapung bebas mengikuti aliran sungai, terhempas di bibir pantai, atau bahkan terlihat menjerat tubuh satwa di laut lepas*, khususnya lagi Yapen ini adalah kepulauan yang dikelilingi oleh lautan luas. Marilah kita bersama – sama bijak dalam pengelolaan sampah dan limbah rumah tangga, lanjutnya.

*“Kiranya niat tulus dan kerja keras kita semua pada hari ini, dapat berguna bagi kehidupan masyarakat Yapen maupun masyarakat Waropen, dan kita semua senantiasa diberikan Berkat dan Kekuatan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa*, tutupnya.(litbangMPNI)
Kodim 1709/Yawa Korem 173/PVB.

0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151